Diduga Ada Kecurangan Pada Sengketa Pilkades Di Konkep

  • Whatsapp
Kepala dinas PMD Konkep saat menerima dokumen gugatan
Kepala dinas PMD Konkep saat menerima dokumen gugatan
Kepala dinas PMD Konkep saat menerima dokumen gugatan(foto:tiem red /WN)

LANGARA WN-Pelaksanaan pemilihan kepala desa(pil-kades) serentak di kabupaten konawe kepulauan (Konkep)nampaknya menyisahkan masalah ,sebab tiga desa dari 60 peserta pilkades serentak itu, mengajukan gugatan di dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) konkep .

sengketa pilkades kali ini diduga ada indikasi kecurangan , sampai pada jum’at  (13/10) tiga berkas gugatan yang sudah di layangkan Dinas PMD ,tiga desa diantaranya desa mata bubu ,kecamatan wawonii utara ,desa lamepapi baru dan desa tumbu tumbu jaya kecamatan wawonii tengah .
tiga desa yang mengajukan gugatan itu memiliki permasalahan yang berbeda di desa mata bubu misalnya ,salah satu calon kades tidak menanda tangani daftar pemilih tetap(DPT) sebab tidak di setujuinya daftar pemilih yang dimasukan panitia pemilihan kepala desa(PPKD)namun , masih tetap diselengggarakan pelaksanaanya.

Bacaan Lainnya

“bagaimana kita mau menandatangani itu DPT,sementara ada masyarakat yang dimasukan ke dalam DPT dan mereka tidak memiliki dokumen keterangan berdomisili mereka terdata di dua desa mereka terdata didesa mata bubu mereka juga terdata di desa mawa sehingga saya tidk mau menandatangani DPT tersebut,”jelas Abdullah usai memasukan gugatanya .

di desa lampapi baru terdapat pemilih ganda yang menyalurkan suara hak pilihnya di dua desa ,desa lampeapi baru di kecamatan wawonii tengah dan desa lanowatu kecamatan wawonii barat ,dengan demikian yusril musa sebagai calon kades itu juga memasukan gugatan yang dinilainya ada kecurangan , “adanya pemilih ganda tentunya sudah jelas bahwa adanya kecurangan ,”kata dia .

begitu pula di desa tumbu tumbu jaya kecamatan wawonii tengah selain terdapat pemilih yang tidak memilik bukti kependudukan didesa tersebut namun terdaftar dalam DPT dan menyaluran hak pilihnya sementara pemilih yang memiliki dokumen tanda kependudukan yang sah di desa tersebut malah di hilangkan hak pilihnya .

“banyak kecurangan yang terdapat di pilkades ini khususnya di desa tumbu tumbu jaya selain terdapat kesalahan pada pendataan DPT yang tidak merata ,dan pemilih asing yang turut menyalurkan suaranya yang dimana sangat mempengaruhi hasil totlitas pilkades yang hanya selisih satu suara ,”tegas muntaha salah satu anggota tiem pemenangan balon kades desa tumbu tumbu jaya .

hingga berita ini di terbitkan senin, (16/10)kepala dinas PMD konkep jamhur umirlan,mengatakan  “kami hanya sebatas menerima berkas gugatan selanjutnya akan di periksa oleh tiem penyelesaian sengketa ,jika itu hal yang fatal ada penyelewengan bisa jadi pilkades di desa tersebut bakal di beri sanksi tegas berupa pembatalan , “jelasnya .

 

Laporan:Aldi Dermawan

Pos terkait