Iklas dan Sabar Adalah Kata Yang Tepat Disandang Guru Honorer di Konkep

  • Whatsapp
Risnawati guru honorer di SMAN 1 Wawonii Barat (Foto: Imam Pardi/WN)
Risnawati guru honorer di SMAN 1 Wawonii Barat (Foto: Imam Pardi/WN)
Risnawati guru honorer di SMAN 1 Wawonii Barat (Foto: Imam Pardi/WN)

 

LANGARA, WN – Iklas dan sabar adalah kata yang tepat disandang oleh salah seorang guru di SMAN 1 Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai guru pemegang mata pelajaran Bahasa Indonesia. Memasuki 12 tahun massa pengabidianya semangat Risnawati S.pd terus membara untuk tetap hadir di tengah siswanya.

Bacaan Lainnya

usai meraih gelar sarjana, sejak tahun 2005 lalu Risnawati kembali ke sekolah tempat dia menamatkan dirinya di bangku SMA. Yakni SMAN 1 Wawonii Barat dengan niatan mengabdikan diri di asal sekolahnya sendiri.

sejak saat itu Risnawati tercatat sebagai tenaga honorer di SMAN 1 Wawonii per 1 Januari 2005, Bagi istri seorang Bripka Anggota Polsek Wawonii dan Ibu satu Anak ini. Menjadi guru adalah tempat ia menuangkan lmu yang telah dipetiknya serta tempat menanam amal baik.

Se sekali rasah lelah dan bosan datang menghampirinya namun, rasa itu terkalahkan dengan besarnya rasa sebagai abdi negara, kata Risnawati yang biasa di sapa Oris. Ia juga merasakan bagaimana jadinya ketika para siswa semangat datang ke sekolah, namun tanpa kedatangannya.

“Kalau dilihat dari gaji yang didapatkan, tentu tidak akan memenuhi kebutuhan sehari harinya. Kita hanya bisa merasa syukur,” katanya.

Oris juga bercerita manjadi guru itu hal mulia, suka duka menjadi guru honorer dari tahun ke tahun. Waktu daerah ini belum mekar menjadi kabupaten, serta seiring berjalanya waktu tidak terasa, Wawonii telah mekar menjadi suatu Kabupaten.

“Harapanya mekarnya Wawonii menjadi suatu kabupaten pendidikan di Konkep haru lebih meningkat,” tuturnya sabtu, (25/11/2017).

Diharapkanya, Semoga pemerintah Daerah Konkep lebih meningkatkan lagi perhatian terhadap pendidikan, baik itu dikalangan peserta didik ataupun pendidik. Khususnya guru honorer, Kata dia, karena guru tugasnya adalah mencerdaskan anak didik Meskipun guru yang mengajar di SMA sederajat sudah dialihkan di provinsi.

Dengan tujuan mendidik putra- putri di Konkep Risnawati juga harapkan agar orang tua siswa lebih mengawasi dan mengontrol lagi anak anaknya di rumah agar lebih giat belajar.

“Pada saat Proses Belajar Mengajar, ada suka ada dukanya, saat kami mengajar siswa membuat ulah saat itulah kami kesal, namun itulah guru, mencerdaskan anak bangsa dengan hati yang ikhlas seperti itulah tugas kami, sabar dan sabar dan mewakili seluruh guru honor yang ada di Konkep, kami butuh perhatian dari pemerintah Daerah, Saya adalah guru penerima tunjangan sertifikasi bersama Usman Amir,S.Pd tetapi sertifikat itu hanyalah nama, sebab sejak tahun 2016 sampai sudah hampir tutup tahun 2017 belum terealisasi. Sekali lagi kami hanya cukup sabar,” kata dia dengan nada pelan.

 

 

Laporan: Imam Pardi

Pos terkait