Kantor Bupati Konkep dan Jalan 40 Duduk di Atas Lahan Kawasan

  • Whatsapp
Bangunan Kantor Bupati Konkep (Foto: Imam Pardi/WN)
Bangunan Kantor Bupati Konkep (Foto: Imam Pardi/WN)
Bangunan Kantor Bupati Konkep (Foto: Imam Pardi/WN)

LANGARA, WN – Soal membangun di atas lahan kawasan hutan, banyak yang tidak faham terhdap aturan yang melarang seperti yang tertuang dalam peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan Nomor P.50/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2016 pasal 4 ayat 2 jika melakukan pembangunan maka izin pinjam pakai sebelumnya harus di kantongi .

Seperti yang terjadi di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terdapat pembangunan di atas lahan kawasan, diantaranya Pembangunan jalan 40 dan pembangunan Kantor Bupati yang sama sekali belum mengantongi izin pinjam pakai, hal itu dikatakan Bupati Konkep Amrullah, selasa (1/08/2017) lalu.

Bacaan Lainnya

“Itu proses izinya masih sementara berjalan, yakni pembangunan jalan dan perkantoran, Pemerintah Daerah hanya bisa mengajukan sebanyak lima hektar kebawah. Sebenarnya tindak lanjutnya sudah turun melalui sekretariat kepresidenan ke Kementerian Hehutanan tinggal kita tindak lanjuti, untuk saat ini izin itu belum di kantongi,” Ucap Amrullah.

Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Afirudin Methara saat di konfirmasi sabtu (02 Desember 2017) tidak membenarkan atas apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Konawe Kepulauan .

“itu tidak benar membangun di atas tanah kawasan tidak ada aturan yang membenarkan sebelum mengantongi izin pinjam pakai,” Jelas Afirudin.

Sebagaimana dimaksud dalam UU No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan, Pada pasal 78 ayat 2 dan pasal 50 ayat 3 huruf A sehubungan larangan terhadap setiap orang yang menggunakan lahan kawasan hutan sebelum mendapatkan izinnya, maka dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun serta dikenakan denda sebesar Rp 5 miliar.

 
Laporan: Imam Pardi

Pos terkait