Inspektorat Konkep Temukan Kejanggalan Pada Pengelolaan Dana Kapitasi dan Non Kapitasi

  • Whatsapp
Kepala Inspektorat Konkep Mohammad Yakub (Foto: Aldi Dermawan/WN)
Kepala Inspektorat Konkep Mohammad Yakub (Foto: Aldi Dermawan/WN)
Kepala Inspektorat Konkep Mohammad Yakub (Foto: Aldi Dermawan/WN)

LANGARA, WN-Sebagai Pelaksana penyelenggaraan Pemerintah Daerah dibidang pengawasan, Inpektorat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) saat melakukan tugasnya menemukan kejanggalan.

Kapitasi merupakan metode pembayaran dimana penyedia layanan kesehatan akan dibayar dalam jumlah tetap per pasien tanpa memperhatikan jumlah atau sifat layanannya yang dilakukan. Istilah itu muncul di bidang layanan kesehatan sejak BPJS Kesehatan diterapkan.

Bacaan Lainnya

Kepala Inspektorat Konkep Mohammad Yakub mengatakan, sejak ditahun 2017 pihaknya tengah melakukan pengawasan dalam hal ini pemeriksaan yang sesuai dengan amanah diberikan Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Berdasarkan rekomendasi BPK Bahwa pengelolaan dana kapitasi dan non kapitasi kesehatan itu tidak tertib, dana kapitasi kadang keluar dari dana non kapitasi dan begitu juga sebaliknya,” Jelasnya senin (22/1/2018).

Ditambahkanya, Sesuai dengan hasil Audit BPK telah dinyatakan bahwa Administrasi dana Kapitasi dan non kapitasi yang tidak tertib diantaranya pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami sudah turun melakukam pemeriksaan masalah JKN itu di Puskesmas Polara salah satunya, berulang kali kami turun tapi kepala puskesmasnya tidak berda ditempat melalui kordinasi dinas kesehatan kami meminta agar pihak puskesmas Polara dalam hal ini Kepala Puskesmas (Kapus) agar kami dipertemukan, dan sekarang kami sudah dalam proses pemeriksaan,” Ucapnya.

 

 

Laporan: Aldi Dermawan

Pos terkait