Bank Mandiri Incar Kredit Sektor Manufaktur di Tahun 2018

  • Whatsapp

LANGARA, WN-Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya bakal meningkatkan pada penyaluran kredit sektor manufaktur.

Menurutnya, saat ini kredit sektor manufaktur masih kalah dengan sektor infrastruktur.

“Kalau kami lihat di Mandiri, manufaktur belum jadi primadona. Infrastruktur 21,9 persen, kedua perkebunan sawit, mineral, batu bara, baru ke consumer goods seperti health care,” ujar Kartika usai acara Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Seperti dilansir Kompas. Com, Jakarta, Rabu  (7/2/2018).

Dia menyebutkan, sektor manufaktur tahun ini memiliki peluang yang besar untuk lebih berkembang, sebab perbaikan kondisi ekonomi juga mendorong daya beli masyarakat.  Hingga saat ini sebutnya, penyaluran kredit untuk sektor tersebut masih sangat sedikit.

Masih belum besar. Karena mayoritas masih di infrastruktur pertumbuhannya. Mungkin kalau pun naik, 10 persen sampai 20 persen. Masih belum dominan. Itu tantangannya emang di manufaktur,” kata dia.

Selain mendorong kredit sektor manufaktur, pihaknya juga akan mendorong penyaluran kredit pada sektor-sektor yang akan memberikan kontribusi positif dan produktif.

“Mulai dari perkebunan, pertambangan maupun perumahan. “Itu kami dorong supaya daya beli masyarakat untuk membeli kendaraan, rumah itu bisa didukung oleh kredit perbankan,” ucap dia

Pos terkait