Dinas Kelautan dan Perikanan Konkep Serahkan Kartu Nelayan

  • Whatsapp
Ilustrasi Kartu Nelayan (Foto: Google)
Ilustrasi Kartu Nelayan (Foto: Google)
Ilustrasi Kartu Nelayan (Foto: Google)

LANGARA, WN- Sebanyak 1243 keping kartu nelayan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah dicetak oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat dan diserah kepada para nelayan Konkep.

Kepala Bidang Perikanan Konkep, Sitti Ramayana mengatakan, Kartu tersebut sampai hari ini belum diberikan semua, sebab kata dia, pihaknya masih kekurangan tenaga untuk membagikan kartu tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini, sudah 1243 kartu nelayan yang sudah kami cetak, kebetulan juga kami sudah punya alat cetak buat kartu nelayan itu sendiri, tapi belum semua kami serahkan kepada pemilik kartu itu, karena kami berusaha sebisa mungkin untuk menyerahkan langsung kepada nelayan, khawatir kalau dititip akan tercecer atau ada oknum yang meminta biaya pencetakan atau alasan lainnya, sementara pengurusan kartu nelayan ini tidak dipungut biaya sepeserpun, kita tidak menuduh tapi mencegah,” Ucapnya, rabu (7/2/2018).

Ditambahkanya, Selain takut tercecer atau dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dia bakal menjelaskan langsung fungsi pemanfaatan kartu tersebut, sebab itulah ia memilih kartu tersebut diberikanya langsung kepada Masyarakat.

“Kalu diserahkan langsung, kami juga bisa memberikan penjelasan apa fungsi kartu nelayan dan kartu asuransi ini, sekaligus kami sosialisasikan kepada nelayan yang belum memahami kartu tersebut, serta yang belum memiliki kartu ini untuk segera mengurus, karena kartu ini sangat penting dan belum semua di Konkep mengurus kartu ini, contohnya ada nelayan dari Konkep yang tertangkap di laut flores, setelah ditangkap yang pertama ditanyakan kartu nelayan ini, kemudian masyarakat yang membutuhkan bantuan alat tangkap misalnya, harus punya kartu nelayan ini,” jelasnya. (red/ WN)

Pos terkait