Terbitnya IUP Tambang di Wawonii, Bupati Konkep Tutup Mulut

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto: Google)

 

Ilustrasi (Foto: Google)
Ilustrasi (Foto: Google)
LANGARA,  WN-Menjadi Daerah incaran para pebisnis pertambanagan,  Wawonii yang diyakini mempunyai kandungan nikel, emas serta, pasir krom kini menjadi target utama Para penambang. Terbukti dengan adanya 18 Izin Usaha Pertambangan yang telah diterbitkan.
Menyikapi masuknya kembali perusahaan tambang di pulau Wawonii, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Konawe Kepualauan (Konkep), Abdul Halim membenarkan, bahwa masuknya kembali dua perusahaan tambang dari 18 IUP yang hadir di daerah itu. Abdul Halim tidak begitu tahu persis nama kedua perusahaan tambang tersebut, sabtu (10/2/2018).
Selain itu,  Halim juga menegaskan hal lain mengenai larangan masuknya usaha tambang kategori logam di Konkep. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Konkep.
Namun Sayangnya, regulasi lain berbicara dan itu skala Sultra, Sehingga dua Kecamatan di Konkep yakni Kecamatan Wawonii Tengah dan Tenggara terancam di eksploitasi tambang.
“Secara pribadi, saya menolak masuknya tambang tersebut. Sebab hadirnya tambang akan menuai penolakkanBesar,   hampir seluruh masyarakat Wawonii dan ini telah dibuktikan beberapa tahun lalu. Saya juga keras menolak masuknya tambang di Wawonii saat pembahasan tingkat Sultra, Sampai kapanpun saya tetap menolak, ” Ucap Abd Halim.
Sementara itu,  Bupati Konkep, Amrullah yang di hubungi melalui via Whatshap pribadi, tidak menjawab saat dikonfirmasi persoalan Izin tambang di wawonii. (Red)

Pos terkait