​​​​Proyek Asal Jadi, Robohnya Jembatan Nipa Nipa Diduga Ada Indikasi Korupsi

  • Whatsapp
Gambar Awal pekerjaan pembangunan jembatan nipa nipa yang roboh (foto: dok/WN)
Gambar Awal pekerjaan pembangunan jembatan nipa nipa yang roboh (foto: dok/WN)
Gambar Awal pekerjaan pembangunan jembatan nipa nipa yang roboh (foto: dok/WN)
LANGARA, WN-Bagaimana tidak diduga ada indikasi korupsi Pada proyek pembangunan pelabuhan  nipa nipa kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep)  pasalnya pelabuhan senilai 3,4 Miliar rupiah itu yang dirampungkan pekerjakanya di Oktober 2017  kini telah roboh.
Bupati Konkep Amrullah saat meninjau pelabuhan tersebut mengatakan,  bahwa robohnya jembatan rakyat wawonii utara itu disebabkan angin kencang dan besarnya gelombang laut  dapat merobohkan jembatan tersebut.
“Kita belum bisa memberi sanksi kepada pelaksana pekerjaan ini sebab dia bertanggung jawab untuk memperbaikinya, Pekerjaan ini selesai pada  bulan oktober 2017 dua bulan kita berikan waktu untuk dilakukan perbaikan,  kita tidak menjastifikasi bahwa ini adalah gagal konstruksi,  seperti yang saya bilang  karena besarnya gelombang laut dan   angin yang kencang dan kuatnya arus jembatan tersebu roboh,” Kata dia.
Namun hal itu berbeda dengan tanggapan Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep Abdul Rahman  saat dikonfirmasi pada rabu (21/2/2018) megatakan, bahwa robohnya Pelabuhan tersebut sangat disayangkan oleh Pihak Dewan Konkep.
“Ini sudah jelas kerugian negara yang cukup besar, Sejak awal pembangunan pelabuhan rakyat nipa nipa itu komisi dua yang di pimpin Yasran Djamulah  telah melakukan teguran keras kepada kontraktornya agar mengikuti desain yang sudah ada namun hal itu hanya di indahkan begitu saja,” Ucap Abd Rahman.
Dia juga menambahkan,  Dalam melakukan pengawasan ada beberapa temuan indikasi korupsi, Kata dia, pertama semua material tidak ada yang sesuai document kontrak.
“Baik pasir, batu, suplite dan lain lain tidak ada yang sesuai kontrak menganai tanggapan bupati yang menyatakan itu bukan karna gagal Kontruksi kita bisa lihat Desain awal bangunan tersebut,” Jelasnya. (Red)

Pos terkait