Caleg di Konkep Ikut Seleksi CPNS

  • Whatsapp
Ilustrasi CPNS (Foto: Google)
Ilustrasi CPNS (Foto: Google)
Ilustrasi CPNS (Foto: Google)

LANGARA WN – Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Kepulauan Sebelumnya telah mengumumkan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus secara administrai, dari jumlah pelamar 2.107 yang dinyatakan lulus secara berkas 1.916 peserta.

Berdasarkan ketentuan yang ada pelamar CPNS ini di wajibkan membuat surat pernyataan bermaterai enam ribu sebagai salah satu syarat ketentuan pelamar. Dengan pernyataan tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan.

Bacaan Lainnya

Tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri. Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun. Tidak menjadi Peserta Pemilu, pengurus dan/atau anggota partai politik.

Pantauan Wawoniinews.com telah ditemukan  Calon Legislatif(Caleg) Konkep yang diketahu berasal dari Dapil 1 terdaftar sebagai peserta seleksi Kompetensi Dasar (TKD) Pada seleksi CPNS saat ini peserta pemilu tersebut adalah Nur Jayanti yang berasal dari partai PKB.

Menilik pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada pasal 23, dijelaskan pelamar rekrutmen CPNS tidak menjadi atau pengurus partai politik, atau terlibat politik praktis.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konkep Nur Rahmat mengatakan, Syarat pendaftaran ASN itu di larang berpartai politik.

“Sedangkan syarat pendaftaran untuk jadi peserta pemilu jika dia Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mundur dari jabatanya, kalau saya menilai secara normatif tapi tidak bisa kita salahkan BKD sebab ada ribuan berkas mau ditelusuri  hanya saja di syarat ketentuannya mengacu pada uraian ketentuan diatas yang di sampaikan jika panselda mau terhindar dari sengketa dengan gugatan mestinya oknum tersebut jadi catatan untuk dibijaki,” Ujarnya, Selasa (30/10/2018).
Terkait dengan hal tersebut, Sekretaris BKPSDM Konkep Umar mengungkapkan, pihaknya tidak tau jika ada caleg yang  lolos secara administrasi
“Kalo kita mengacu pada peraturan yang ada,  surat pernyataan para pelamar ada, berarti mereka sudah memalsukan dokumen, atau membuat kebohongan,” ungkapnya.

Laporan: Aldi Dermawan

Pos terkait