Penolakan DPRD Soal Pinjaman Dana Ke PT SMI, Wabup Konkep Sebut Ada Tendensi Politik

  • Whatsapp
Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi (Foto: Aldi Dermawan/Wawoniinews.com)
Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi (Foto: Aldi Dermawan/Wawoniinews.com)
Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi (Foto: Aldi Dermawan/Wawoniinews.com)
LANGARA WN – Tujuan Baik Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk memaksimalkan Pembangunan pada sektor infrastruktur di daerahnya harus tertunda, bagaiamana tidak usulan pinjaman anggaran ke perusahana milik negara,  PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) itu, tidak disetujui Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep.
Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhammad Lutfi, Tegas menyatakan bahwa penolakan  DPRD terkait usulan pemda diduga ada tendensi politik.
“Persoalan Politik dan Persoalan bagi bagi, itu sebabnya DPRD Konkep Menolak Kita meminjam dana pada PT SMI Padahal kalau kita meminjam, pembangunan yang tadinya bakal terwujud dalam waktu empat tahun  hanya waktu setahun saja kita bisa mewujudkan pembangunan secara menyeluruh baik itu pengaspalan jalan lingkar,” tegasnya, langara senin (5/11/2018).
Dia menambahkan, dalam pengajuannya pihaknya sudah merincikan bahwa dana senilai Rp200 miliar itu di gunakan untuk pembangunan.
“Kami sudah rincikan kepada DPRD Rp 160 miliar itu untuk pengaspalan jalan lingkar, dan Rp40 miliar lagi untuk pembangunan jembatan tidak ada yang masuk di kantong bupati dan wakil bupati,” ujarnya.
Menurutnya, Soal alasan DPRD Konkep menolak usulan tersebut, dengan pernyataan tidak ingin meninggalkan utang Andi menilai sangat tidak rasional.
“Waktu untuk membayar utang tersebut 4 tahun,  dalam pertahunya kita membayar  Rp56 miliar,  Rp6 miliar ini adalah bunga dari pinjaman tersebut, untuk pembayaranya dalam setiap tahunya anggaran yang ada di dinas PU kita Potong, coba lihat dimana yang terbebani,” jelasnya.
Kata dia, jika terwujudkan usulanya itu, maka perputaran ekonomi di Konkep bakal berjalan lancar sebab ini adalah akses ekonomi.
“Saya doakan Anggota DPRD Konkep yang tidak menyetujui usulan itu agar tidak terpilih lagi, kita tunggu saja Anggota DPRD yang baru,” tandasnya.
Laporan: Aldi Dermawan

Pos terkait