Ratusan Rumah Warga di Konkep Dapat Bantuan BSPS

  • Whatsapp
Saat penyerahan Bantuan BSPS di Rujab Bupati Konkep (Foto: red/WN)

WAWONIINEWS.COM, LANGARA– Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara, terus melakukan berbagai terobosan untuk memenuhi kebutuhan hunian untuk masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Dengan memanfaatkan program yang ada di Pusat, salah satunya Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (PBSPS) dari Dirjen Perumahan Swadaya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati Konkep Amrullah dalam sambutanya berharap, agar bantuan yang dikucurkan dapat memberikan kualitas rumah yang sebaik baiknya untuk Masyarakat.

“Saya berharap dari bantuan BSPS strategis maupun dari program bantuan lainnya, dalam upaya peningkatan kualitas rumah dengan sebaik-baiknya dapat memanfaatkan dana bantuan, sehingga nanti dapat menempati rumah yang sehat dan layak huni,” Jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Konawe Kepulauan Danyal mengatakan, sebelumnya bantuan tersebut sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 tetapi dari kerja keras  semua elemen yang ada di Konkep, DPRD, DPRD Provins, dan Pemda Setempat bantuan tersebut akhirnya dikucurkan. 

“Anggaran bantuan tersebut lebih besar dari anggaran sebelumnya yang telah di hapus oleh pemerintah pusat akibat Pandemi Covid-19, yaitu kurang lebih 6 miliar,” kata dia, Kamis (18/6).

Untuk diketahui, bantuan yang dikucurkan tersebut berasal dari dua sumber, yakni APBN dan Bank Dunia.

Berikut daftar jumlah penerima bantuan perumahan masyarakat Konkep, Desa Mekar Sari 20 rumah, desa Wawoindah 20 rumah, desa Tanjung Batu, 50 rumah, desa Tondonggito 20 rumah desa Waturai 20 rumah, desa/kelurahan polara 20 rumah, 

Kelurahan Langara Laut 50 rumah, Langara Indah  50 rumah, desa Langara Tanjung Batu 20 sebagai tambahan, desa Kawa Kawali 25 rumah dan  desa Wawobili 25 rumah dengan total keseluruhan, 315 rumah.

“Bantuan ini akan diserahkan oleh Bank Mandiri dengan total per keluarga sebanyak Rp 17,5 juta. Rp 15 juta untuk pemeliharaan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang. Untuk program BSPS strategis harus selesai di bulan agustus, sementara bantuan dari bang dunia di targetkan rampung di bulan desember,” terangnya.

Redaksi

Pos terkait