Konkep Masih Kekurangan Ratusan Tenaga Guru

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Untuk menunjang mutu dan kualitas pendidikan tentu harus ditunjang dari berbagai aspek, selain sarana dan prasarana keberadaan tenaga pendidik juga merupakan salah satu faktor untuk menghasilkan anak didik yang bermutu dan berkualitas.

Namun apa jadinya jika suatu daerah mengalami kekurangan tenaga guru, tentu akan mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah tersebut. Hal itu dialami Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bahkan jumlah kekurangan masih sangat pantastis.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang GTK Dikbud Konkep, Suhail mengungkapkan saat ini Konkep masih kekurangan ratusan tenaga guru PNS di bawa naungan Dikbud Konkep.

“Kita masih kekurangan 324 tenaga guru masing-masing 91 tenaga guru SMP, 218 guru SD dan 15 tenaga gunu PAUD,” sebut Suhail. Rabu, 24 Juni 2020.

Sementara tenaga guru saat ini di Konkep untuk tingkatan PAUD, SD hingga SMP baru diangka 330 guru PNS. Untuk itu pihak Dikbud Konkep masih membutuhkan ratusan tenaga guru untuk bisa memenuhi jam belajar siswa.

“Idealnya kita miliki guru sekitar 623 untuk tingkatan satuan pendidikan itu tadi,” kata dia.

Lebih rinci Suhail memaparkan satuan pendidikan di Konkep untuk PAUD Negeri berjumlah 3 dan swasta 48 satuan pendidikan, sedangkan SD sebanyak 50 dan tingkat SMP baru 18 satuan pendidikan.

“Untuk mengisi satuan pendidikan SMP idealnya sekitar 223 dari 140 yang ada, sedangkan SD dari 184 tenaga guru idealnya 400 dan TK atau PAUD idealnya 12 dari 6 tenaga guru yang PNS saat ini,” rinci Suhail.

Suhail bilang, untuk memaksimalkan jam kerja dengan kondisi masih banyaknya kekurangan tenaga guru PNS, Pemda Konkep melalui Dikbud Konkep memaksimalkan tenaga honor daerah (Honda) yang berjumlah 433 Honda secara total dari seluruh satuan pendidikan dibawah naungan Dikbud Konkep.

Redaksi

Pos terkait