Pemkab Konkep Gelontorkan Rp 3.4 Miliar Untuk Insentif 433 Guru Honda

  • Whatsapp
Gambar: Google
Gambar: Google

WAWONIINEWS.COM, LANGARA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) memberikan anggaran cukup besar untuk insentif para guru honorer daerah (Honda). Bersumber dari APBD Kabupaten total insentif yang diberikan hingga Rp3.4. miliar.

Berdasarkan data tenaga pendidik yang mendapatkan insntif berjumlah 433 orang yang dianggap layak untuk menerima insentif tersebut dengan kategori telah mebdapatkan SK Bupati atau masuk dalam Kategori guru Honda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konkep melalui Kepala Bidang Guru dan Ketenaga Kerjaan (GTK) Suhail mengungkapkan, tahun ini anggaran yang disediakan Pemda untuk insentif tenaga pendidik non PNS itu senilai Rp 3.4 miliar.

“Perbulannya untuk tingkat TK itu Rp.500.000, Tingkat SD dan SMP itu Rp.750.000 dan itu kami bayarkan setiap tiga bulan,” ujarnya, Rabu (24/6).

Ditambahkanya, untuk penilaian pihaknya tetap mengedepankan ke aktifan tenaga pendidik tersebut.

“Kalau berdasarkan UU Guru dan Dosen tahun 2005 di isyaratkan guru itu harus S1,” ungkapnya.

Untuk diketahui Pemkab Konkep sudah memberlakukan guru ‘Honda’ itu sejak tahun 2018 lalu hingga hari ini masih tetap berjalan.

“Pemberian insetif tersebut sudah berjalan tahun ketiga. Sejak tahun 2018, 2019 dan 2020 untuk tenaga pendidik tingkat TK sebanyak 149 orang, SD 189 orang dan SMP 95 orang,” tandasnya.

Lap : Dar

Pos terkait