Ini Program Unggulan Desa Wawouso Baru

  • Whatsapp
Kades Wawouso Baru, Siti Maemuna

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Kepala Desa( Kades) Wawouso Baru Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dibawa kendali Siti Maemuna terus geliat membangun desanya.

Bacaan Lainnya

Sejak terpilihnya pada Pilkades 2017 lalu, Siti Maemuna memiliki berbagai program unggulan untuk membangun dan meningkatkan desa yang dipimpinnya.

Siti Maemuna mengungkapkan beberapa pembangunan yang menjadi program unggulan sesuai hasil Musyawarah Desa (Musdes) salah satunya adalah perluasan wilayah Desa Wawouso Baru.

“Perluasan wilayah tersebut membangun tanggul dengan volume lebar 30 meter dari bibir pantai dan miliki panjang 335 meter yang dikerjakan dua tahap 2018 dan 2019 menggunakan dana desa masing-masing Rp.400 juta lebih. Sehingga total anggaran pembangunannya didua tahap Rp.800 juta lebih,” kata Kades Wawouso Baru, Siti Maemuna. Minggu, 28 Juni 2020.

Selain itu, lanjut Maemuna mengatakan pihaknya juga membangun kantor desa. Menurutnya pembangunan kantor desa juga penting sehingga masuk dalam program unggulan untuk memfungsikan kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kantor desa belum tuntas dikerjakan karena terkendala cuaca saja. Namun tetap dalam pengerjaan,” cetusnya.

Dari beberapa pembangunan itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Wawouso Baru juga melakukan penimbunan jalan tani serta beberapa pengadaan alat pertanian dan perikanan.

“Program unggulan kami ada tanggul perluasan wilayah, peningkatan jalan tani. Jalan tani itu ada dua dan pengadaan alat penghalau babi, obat rumput dan mesin katinting” pungkasnya.

Untuk tahun ini, lanjut Maemuna pihaknya telah menganggarkan pembangunan jalan tani sebelum menculnya Covid-19.

“Tahun ini kami anggarkan Rp.452 juta pembangunan jalan tani dengan volume 1300 kilo meter,” terangnya.

Untuk diketahui, Dana Desa (DD) Wawouso Baru tahun 2020 yaitu Rp.848.419.000 juta dan ADD yaitu Rp.396.216.000. Jumlah penduduk 305 jiwa dan 83 KK. Sedangkan luas wilayah desa tersebut 730 meter persegi.

laporan: Dar

Pos terkait