TMMD 108 Dimulai, Pemda Konkep Alokasikan Anggaran

  • Whatsapp
Desa Mata Baho sebagai lokasi pelaksanaan TMMD 108 di Konkep.

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Kodim 1417/Kendari melaksanakan kegiatan rutin institusi TNI yaitu Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 108 di desa Mata Baho dan Desa Pasir Putih Kecamatan Wawonii Barat, Konawe Kepulauan (Konkep). Kegiatan ini dimulai dengan penandatangan MoU dan penyerahan sejumlah paket proyek pembangunan oleh Bupati Konawe Kepulauan dengan Dansatgas TMMD 108 Konkep, Letkol Kav. Agus Waluyo di Pendopo Rujab Bupati Konkep. Selasa, 30 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini merupakan sebuah program wajib TNI yang melibatkan lintas sektoral dengan unsur Pemerintahan Daerah bersama masyarakat.

Dihadapan Komandan Korem 143/Ho Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Bupati yang diwakili Wabup Konkep Andi Muh Lutfi resmi menandatangani dan menyerahkan Proyek pekerjaan TMMD 108 sebagai tanda di mulainya Program TMMD, Kepada Dandim 1417/Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo selaku Dansatgas TMMD 108 Konkep.

Komandan Korem 143/Ho, Brigjen TNI Jannie meminta kepada satgas agar seluruh sasaran baik fisik dan non fisik dapat di laksanakan sampai dengan selesai 100% sesuai target dalam waktu yang ditentukan yaitu 30 hari.

“Mudah mudahan kehadiran satgas TMMD selama 30 hari kedepan akan memberikan karya terbaik bagi masyarakat sehingga hasil dari pelaksanaan TMMD Reguler 108 nantinya dapat di rasakan hasilnya warga Kec Wawonii barat khususnya Desa Matabaho,” Ujar Danrem 143/HO.

Sementara Wakil bupati konkep, Andi Muh Lutfi Menuturkan, melalui TTMD Pemkab optimis jalinan kerjasama yang selama ini dibangun bersama TNI, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Konkep di seluruh aspek kehidupan. Dan yang lebih penting, menurut Wakil Bupati Konkep, TMMD juga menjadi sarana menumbuhkan wawasan kebangsaan, bela negara, budaya gotong royong serta paham-paham radikalisme di desa.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI melalui TMMD bersama masyarakat dan Pemkab Konkep tentunya menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalah masyarakat,” Pungkasnya.

Momen yang penting ini, Lanjut Lutfi, Bapak Bupati tidak bisa hadir bersama, dikarenakan dalam proses isolasi mandiri sesuai prosedur pencegahan Covid-19, sehingga diwakilkan kepadanya.

“Melalui program TMMD ini akan menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong royong dan berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri serta meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara,” Terangnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program TMMD tahun ini, Lutfi bilang, Pemkab Konkep melalui beberapa OPD menggelontorkan anggarannya. Dinas PUTR misalnya, mensupport bantuan drainase senilai Rp 200 juta, unit pengerjaan Desa Mata Baho – Pasir Putih.

“Dinas Perumahan, mensupport bantuan 20 rumah di Desa Mata Baho, total anggaran Rp 400 juta. Dinas Pendidikan, menggelontorkan anggaran senilai Rp 182 juta untuk pembangunan halaman SD Mata Baho,” Jelasnya.

Pelaksanaan TMMD 108 ini akan berlangsung selama satu bulan dengan melibatkan 150 Orang anggota TNI, Polri, Pemkab Konkep, serta masyarakat Kecamatan Wawonii Barat.

Penulis: Dar

Pos terkait