Kades Langara Tanjung Batu Aktifkan Kantor Desa dan Perangkatnya

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA- Kepala Desa (Kades) Langara Tanjung Batu Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Janus Munandar kembali mengaktifkan jam berkantor bagi perangkatnya, setelah beberapa bulan tidak aktif akibat Pandemi Covid-19. 

Janus mengungkapkan, selama masa Pandemi Covid-19 seluruh perangakat desanya berkantor di rumah masing-masing sesuai arahan protkol kesehatan.

“Aktifnya kembali berkantor ini karena sudah tugas dan kewajiban kita sebagai aparat desa, apa lagi yang lalu ini kita cuman berkantor di rumah karena adanya pandemi covid-19,” jelasnya Selasa (04/8). 

Menurut Janus, adanya kantor desa bukan hanya sebagai simbol keberadaan sebuah lembaga pemerintah, namun juga sebagai pusat pelayanan, pusat informasi dan sebagai tempat perencanaan pembangunan desa.

“Yang perlu di ketahui masyarakat Desa Langara Tanjung Batu bahwa kantor desa tersebut berada di dalam gedung serba guna yang didalam gedung memiliki 10 ruangan yang sudah di bagi termaksud ruangan kepala desa sendiri, sekretaris dan staf lainnya,” ujar Janus.

Untuk jam kerja, kata dia,mulai dari jam 07:00 sampai 13:30 Wita. “alhamdulillah mulai kemarin Senin, 3 Agustus 2020 kita sudah aktif kembali berkantor, kami juga menyepakati sangsi kesemua perangkat desa jika tidak masuk berkantor akan dipotong honornya sebensar Rp. 500.000 dan pemotongan ini di alokasikan ke masjid,” kata Janus.

Ditambahkanya di tahun 2021 mendatang, gedung serba guna yang di jadikan sebagai kantor akan memiliki fasilitas kantin melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Nanti di tahun 2021 mendatang kita di pihak desa akan membuka kantin agar tidak perlu lagi pulang ke rumah kalau cuman sekedar makan atau minum kopi dan ini kita akan memanfaatkan Bumdes untuk pendapatan desa,” terangnya.

Ia juga berharap, ditahun 2021di jembatan gedung serba guna tersebut dapat rampung.

Laporan: Aan Ahmad

Pos terkait