Verfak Dukungan Perbaikan, KPU Konkep: PPS Jangan Buat Gerakan Tambahan

  • Whatsapp
Kordiv Teknis dan Penyelenggaraan KPU Konkep, Badran. FOto: Aan Ahmad/WN

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) adalah salah satu daerah yang akan melaksanakan pesta demokrasi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020.

Dari sejumlah nama bakal pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) salah satunya adalah pasangan dengan menggunakan jalur independen atau perseorangan. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konkep sedang melaksanakan tahapan verifikasi faktual (Verfak) berkas dukungan perbaikan bakal calon perseorangan.

Bacaan Lainnya

Kordiv Teknis dan Penyelenggaraan KPU Konkep, Badran mengatakan, dalam proses verifikasi faktual yang menjadi ujung tombak KPU dilapangan adalah Panitia Pemungutan Suara (PSS). Untuk itu, Badran lebih menekankan kepada anggota PPS agar melaksankan Verfak ini sesuai mekanisme yang ada.

“Kami selalu berpesan kepada PPS saat dilapangan. Jangan ada gerakan tambahan. Terutama kepada proses wawancaranya jangan ditanya alasan kenapa mendukung. Jangan banyak embel-embel,” jelas Badran kepada awak media usai rapat teknis terkait Verfak berkas perbaikan Bakal Calon Bupati dan Wabup jalur persorangan di kantornya. Kamis,6 Agustus 2020.

Dikatakan Badran, dalam proses Verfak PPS hanya menyesuaikan formulir B11KWK dengan KTP-el, selanjutnya PPS wawncara untuk memastikan mendukung atau tidak mendukung.

“Kalau mendukung tulis Memenuhi Syarat (MS) kalau tidak maka disodorkan lampirkan BA5 untuk ditandatangani. Jadi sederhana sekali proses Verfak dukungan perbaikan ini sebenarnya,” katanya.

Lebih jauh Badran Bilang, untuk pendukung yang berada diluar daerah, mekanismenya sama hanya saja tambahannya yang bersangkutan akan di vidio call. Kemudian, tanda tangan di kirim melalui aplikasi WhatshApp.

“Jadi sederhana skali Verfak dukungan perbaikan ini sebenarnya,” ulangnya.

Dari 3.123 berkas dukungan tambahan yang disetor ke KPU Konkep oleh tim LO pasangan jalur perseorangan Abdul Halim-Untung Taslim, 58 tidak memenuhi syarat saat di verifikasi administrasi. Sehingga berkas yang akan diverifikasi faktul sebanyak 3.065 berkas dukungan tambahan.

Penulis: Aan Ahmad

Pos terkait