Plikada Konkep 2020, Koalisi Petahana Makin Solid, Pengamat: Hal Itu Buat Potensi Petahana Lebih Baik

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA– Hajatan politik yang di selenggarakan setiap lima tahunan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) di kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) makin sengit, nampaknya Pilkada kali ini bakal dihiasi tiga bakal calon. 

Tiga Bakal calon tersebut yakni, Pasangan Bakal Calon Petahana, Amrullah-Andi Muhammad Lutfi, Musdar-Ilham Jaya Maal, Abd Halim-Untung Taslim.

Pasangan Calon petahana Amrullah Andi Muhammad Lutfi telah mengantongi lima rekomendasi partai politik, Demokrat, PKB, Nasdem, PKPI dan PDIP.  Pasangan Musdar-Ilham mengantongi, PAN, PKS. Sedangkan pasangan Halim-Untung menggunakan jalur perseorangan.

Melihat koalisi petahana saat ini, pengamat Politik Sulawesi Tenggara Naslim Sarlito Alimin mengatakan, Petahana dalam pilkada 2020 diuntungkan pada sisi strategis struktur politik.

“Struktur politik yang ada adalah koalisi yang dibangun saat ini, koalisi partai yang dibangun tentu juga akan memiliki jaringan yang mengakar sampai basis pemilih,” terangnya.

Menurut Direktur Eksekutif The Haluoleo Institut (THI) itu, hal ini sudah menjadi lazim dan kebiasaan di berbagai kontestasi politik. Kata dia, struktur politik merupakan suporting yang sangat kuat membantu petahana dalam mempertahankan elektoralnya dimata terpilih

“Sehingga hal tersebutlah yang membuat potensi pertahanan akan jauh lebih baik dibanding para kontestan yang ada dalam catatan kertas, kondisi ini sangat membantu petahana,” ungkapnya, Rabu (26/08).

Ditambahkanya, tentu semua itu juga akan diletakkan pada Bagaimana konsolidasi yang dibuat oleh petahana dengan struktur yang begitu besar dan sumberdaya yang juga besar membutuhkan manajerial yang tepat sehingga bisa berdampak terhadap menguatnya elektoral

“Tentu, ukuran seorang incumbent atau petahana sangat ditentukan dengan kinerja yang telah dihasilkan dalam periodisasi kepemimpinannya, jika kinerja nya baik tentu akan mendapatkan sentimen yang positif pula di mata pemilih sehingga secara otomatis dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pemilih terhadap ini untuk melaju ke periode kedua,” jelasnya.

Redaksi

Pos terkait