Bawaslu Konkep Edukasi Panwaslucam Tentang Penanganan Pelanggaran Pemilu

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Proses Pemilihan Kepala Daerah secara serentak tidak lama lagi akan berlangsung. Saat ini pihak penyelenggara sedang gencar-gencarnya melaksanakan tahapan Pemilu Kada pada 9 Desember 2020.

Begitu juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai lembaga pengawas pada proses pemilu berlangsung. Salah satu daerah di Sultra yang akan melaksanakan Pemilu Kada adalah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Untuk itu pihak Bawaslu Konkep memberi edukasi tentang bagaimna cara menangani jika terjadi pelanggaran Pemilu kepada Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) se Konkep.

Hal itu dikatakan Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Konkep, Nur Rahmat, pada kegiatan rapat jerja teknis tentang penanganan pelanggaran pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep. Sabtu, 29 Agustus 2020.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada jajaran Bawaslu Konkep tentang tata cara penanganan pelanggaran pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2020,” jelas Nur Rahmat melalui WhatsAppnya.

Uteng sapaan akrab Nur Rahmat bilang, ini juga merupakan sebagai upaya untuk memaksimalkan pelaksanaan peran dan fungsi tugas khususnya dalam hal penanganan pelanggaran pemilihan kepada para Panwaslucam Se Konkep.

“Sebagai pengawas pada Pemilu tentu kita akan maksimalkan peran dan tugas-tugas kita sebagai lembaga pengawas jika terjadi pelanggaran Pemilu,” kata Uteng.

Dalam kegiatan Rakornis ini turut di hadiri Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu selaku narasumber. Selain itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemda Konkep, Ihwan dan Kapolsek Wawonii Barat, AKP Syamsir Nasir.

Laporan: Dhar

Pos terkait