Krisis Air Bersih, IRT Sebut Buat Masak dan Mandi Nebeng di Tetangga

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Warga Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan ( Konkep) banyak yang mengeluhkan lantaran kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Hal itu diungkapkan salah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), Siti Maemuna (63). Kesulitan mendapatkan pasokan air bersih dialaminya bukan lagi baru-baru ini, melainkan sudah tahunan lamanya.

Bacaan Lainnya

“Kami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih sudah satu tahun lebih pak. Untuk mandi dan pakai masak pun saya harus nebeng sama tetangga pak karna saya tidak punya mesin penarik air,” keluh Siti Maemuna dihadapan dewan Konkep. Selasa, 8 September 2020.

Maemuna berharap dengan turunnya langsung para perwakilan rakyat melihat kondisi masyarakat warga Kelurahan langara Laut yang kesulitan mendapat air bersih ini bisa secepatnya teratasi. Sebab air merupakan bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah sekarang mereka (anggota dewan) kita sudah turun langsung meninjau kondisi warga yang kesulitan mendap air bersih. semoga secepatnya ada solusi untuk kami,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Konkep, Ishak yang memimpin lngsung peninjauan kondisi warga yang kesulitan air bersih di Kelurahan Langara Laut mengatakan kondisi ini tidak akan dibiarkan begitu lama, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (pemda) Konkep terkait permasalahan ini.

“Soal air bersih ini adalah kebutuhan dasar kita, Kami berkoordinasi dengan pemda Konkep alhamdulillah dana DAK tahun 2020 ini di khususkan untuk kebutuhan air bersih warga Kelurahan Langara Laut,” jelas Ishak saat memantau di Kelurahan Langara Laut, Selasa, 8 September 2020.

Ishak juga mengatakan saat ini untuk saluran air agar pasokan bisa masuk ke rumah warga sedang berjalan. Proyek tersebut lanjut dia, sudah terkontrak oleh kontraktor pemenang tender.

“Sudah dikontrak untuk proyek ini, tinggal menggu eksen saja. untuk itu saya berharap agar masyarakat tetap mengawasi proses pekerjaan,” pinta Ishak senada dengan anggotanya yang mendampinginya.

Untuk diketahui, peninjauan kondisi warga Kelurahan Langara Laut yang mengalami kesulitan mendapat air bersih ini selain Ketua DPRD Konkep, Ishak, Ketua Komisi II, M. Yacub Rahman, Kalby Erdiansyah dan Lukman. Ketiga anggota Dewan Konkep itu merupakan Dapil yang sama untuk Kelurahan langara Laut Kecamatan Wawonii Barat- Wawonii Tengah.

Peninjauan ini juga hasil dari tuntutan masa aksi yang tergabung dalam Advokasi Perwakilan Masyarakat Intelektual (APMIL) bersama Masyarakat Kelurahan Langara Laut yang melakukan demonstrasi menuntut agar Pemda dan DPRD Konkep segera menyelesaikan permasalahan air bersih di Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat.

Redaksi

Pos terkait