Puluhan Warga di Konkep Jalani Swab Test

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA- Puluhan warga Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara menjalani swab test Covid-19.

Dalam swab test tersebut yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi sekaligus Satgas Gugus tugas Percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Sultra melibatkan sebanyak 71 orang, terdiri dari 34 warga Kecamatam setempat sedangkan  37 orang lainya adalah Tenaga Kesehatan Puskesmas Wawonii Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Konkep Sastro mengatakan, swab test itu dilakukan karena terdapat salah satu petugas Puskesmas Bobolio yang positif Covd-19. 

“Di ketahui pasien yang positif covid-19 ini adalah CPNS dari Puskesmas Bobolio, maka dari itu kami dari Dinas kesehatan meminta data yang selama ini kemana saja dia melakukan kontak erat tersebut sehingga itu dilakukan swab    test terlebih dia yang positif itu adalah petugas yang keliling posyandu sehingga kami memanggil bayi dan ibunya karena ini melakukan kontak erat kepada yang positif itu,” jelas Sastro, Rabu (16/09).

Tidak hanya melakukan swab test, kata dia, tetapi pihaknya juga melakukan penyomprotan Disinpektan ke tempat tempat umum seperti Rumah Ibadah, Sekolah dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes Sultra Hj Kartina Razak juga mengatakan pihaknya turun ke Konkep karena adanya dua orang yang positif Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19  Dinkes Provinsi bekerja sama dengan Dinkes Konkep melakukan penelusuran yang pernah ada kontak langsung dan tidak langsung kepada yang positif Covid-19 tersebut.

“Dalam rangka memutus mata rantai penularan covid-19 di Konkep kami Dinkes Provinsi dan tentunyan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep dalam hal ini Dinas Kesehatan Konkep untuk melakukan swab test kepada masyarakat yang diketahui melakukan kontak erat dengan yang dinyatakan postitif covid-19,” kata dia.

Lebih lanjut Kartina, Kecamatan Wawonii Selatan terdiri dari 3 desa yaitu desa Bobolio, desa Sawah Patani dan desa Langgara Jaya  untuk selanjutnya swab test akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konkep dan Dinkes.

“Untuk hasil dari swab tast ini kita menunggu, Kami tidak bisa janji tapi secepatnya, kurang dari 3 hari mudah-mudahan sudah kita dapat hasil pemeriksaannya,” ujarnya.

Kartina juga menghimbau kepada masyarakat, agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami dari Dinas kesehatan Provinsi dan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Sulawesi Tenggara menghimbau masyarakat Konkep tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan memakai sabun dan jika perlu memakai hans tanitaizer dan yang terpenting itu menjaga jarak,” terangnya.

Laporan: Aan Ahmad

Pos terkait