KPU Konkep Undur Waktu Pelaksanaan Debat Terbuka Paslon Kada, Ada Apa?

  • Whatsapp
KPU Konkep saat lakukan Rakor

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 sebentar lagi akan berlangsung. Berbagai tahapan telah dilaksankan oleh lembaga penyelenggara berwenang dalam hal ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Begitu juga di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sebagai salah satu dari 7 daerah yang ikut melaksanakan hajatan pesta demokrasi pilkada serentak tahun ini di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat ini, KPU Konkep telah memasuki tahapan debat publik atau debat terbuka oleh Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah (Kada). KPU Konkep telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan debat terbuka tersebut pada Jumat, 13 November 2020 pukul 08:00 Wita di Gedung Aula SLTP Negeri 2 Wawonii Barat.

Jadwal itu ternyata masih berubah. Pihak KPU Konkep mengundurkan waktu pelaksanaan debat terbuka Paslon Kada Konkep dari jadwal sebelumnya pukul 08:00 Wita diundur menjadi pukul 14:00 Wita. Hal ini terkuak saat pihak KPU Konkep melaksanakan rapat finalisasi jadwal debat terbuka itu bersama Leaison Officer (LO) ke empat Paslon Kada Konkep.

“Kita rubah waktunya dari jam 8 pagi menjadi jam 2 siang. waktunya yang berubah. Hari dan tanggal serta tempat pelaksanaannya tidak berubah, tetap di sana (Gedung Aula SLTP Negeri 2 Wawonii Barat,” Kata Komisioner KPU Konkep, Bahrun Marzuki di kantornya. Kamis, 12 November 2020.

Lanjut, Bahrun Marzuki mengatakan permohonan maaf KPU Konkep kepada seluruh Paslon Kada dan LO Paslon atas perubahan waktu pelaksanaan debat terbuka ini. Bahrun mengungkapkan ada beberapa pertimbangan sehingga pihaknya mengundur waktu tersebut.

“Alasannya ada kendala teknis sedikit sehingga kita undur waktunya. Tetapi harinya kan tidak dirubah, tetap. Sebab kami di KPU salah satu tugas kami yaitu memastikan bahwa setiap tahapan proses Pilkada ini berjalan lancar, aman tanpa kendala. Begitu pun pelaksanaan debat yang akan berlangsung besok, Jumat 13 Novemberb 2020. Kami juga minta maff atas adanya perubahan waktu,” tandasnya.

Rapat finalisasi tersebut membahas tentang mekanisme dan tata cara yang akan dilakukan selama proses debat publik berlangsung.

Laporan: Aan Ahmad

Pos terkait