H-3 KPU Konkep Mulai Distribusi Logistik ke TPS

  • Whatsapp
Iskandar Aziz, Ketua KPU Konawe Kepuluan

WAWONIINEWS.COM, LANGARA –Perhelatan pesta demokrasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 sudah semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tengah mempersiapkan logistik untuk didistribusikan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 7 kecamatan se Konkep.

“Pendistribusian logistik untuk masing-masing TPS akan dilakukan pada tiga hari sebelum hari pemilihan atau H-3, tepatnya pada tanggal 6 Desember mendatang,” kata Ketua KPU Konkep, Iskandar Aziz kepada Wawoniinews.com, Rabu (2/12/2020).

Bacaan Lainnya

Untuk pendistribusian logistik nantinya, lanjut Iskandar mengatakan bahwa pihak KPU akan mulai pendistribusian logistik tersebut

“Bukan mengesampingkan Kecamatan Wawonii Barat sebagai kecamatan terdekat yang terakhir pendistribusiannya. Jika ada kendala-kendala teknis kami langsung menghungi PPK yang berada di kecamatan atau lokasi terdekat sehingga kita utamakan yang TPS yang berada di kecamatan terjauh,” tambahnya.

Lebih jauh Iskandar bilang saat ini sebagian besar logistik sudah tiba di Kantor KPU Konkep, hanya saja masih ada sejumlah logistik yang masih kurang, seperti segel kotak suara dan surat suara serta sarung tangan latex.

“Logistik ini sebagian besar sudah tiba, untuk surat suara sudah masuk tetapi masih kurang 1.466 surat suara setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan dari jumlah kebutuhan 27.503 terdapat 1.794 yang tidak layak pakai atau rusak,” kata Iskandar.

Soal kekurangan surat suara itu, ia telah menginformasihkan kepada komisioner agar membuat berita acara tentang kekurangan surat suara yang berjumlah 1.466 dan menginformasihkan Sekretaris KPU agar memberangkatkan stafnya untuk menjemput kekurangan surat suara tersebut.

“Jadi informasih terakhir sehubungan surat suara yang kurang dari 1.466 sudah di tangan staf kami dan sementara dalam perjalanan dari Jember ke Surabaya. Dalam waktu satu atau dua hari sudah tiba di Konkep. Pada prinsipnya surat suara akan di lakukan penyortiran secara keseluruhan agar tidak ada kekurangan. Jika nanti terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) kami dari KPU juga telah menyiapkan surat suaranya,” jelasnya.

“Sedangkan segel yang masih kurang sebanyak 374 segel tetapi sudah di pastikan segel tersebut akan tiba di Konkep sebelum hari pendistribusian logistik tadi ke TPS melalui PPK,” tegas Iskandar.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait