Pilkada Ditengah Pandemi, KPU Konkep Target Partisipasi Pemilih 80 Persen

  • Whatsapp
Suasana di TPS saat Pencoblosan berlangsun pada Pilkada Serentak di Konkep Ditengah Pandemi Covid-19. FOTO: Aan

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Meski proses perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 dilaksanakan ditengah maraknya pandemi virus Covid-19. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah mempersipakan berbagai strategi kegiatan dan tahapan-tahapan penyelenggaraan pilkada yang terstruktur dan berdampak terhadap partisipasi pemilih yang tinggi pada pilkada serentak yang sedang berlangsung dini hari, Rabu, 9 Desember 2020.

Ketua KPU Konkep, Iskandar Azis mengatakan jika indikator kesuksesan pemilu dilihat dari tingginya anka partisipasi pemilih, maka pihaknya telah menaruh target angka partisipasi pemilih pada pilkada ini hingga 80 persen.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kita berada pada suasana yang berbeda dengan sebelumnya akibat pandemi virus Covid-19 tetapi kita targetkan partisipasi pemilih pada pilkada Konkep diangka 80 persen,” kata Iskandar melalui sambungan selulernya kepada Wawoniinews.com. Rabu, (9/12/2020).

Menurutnya, angka 80 persen tingkat partisipasi pemilih ini pihaknya menargetkan bukan tanpa alasan. Pasalnya KPU Konkep telah melakukan persiapan-persiapan sosialisasi dan membentuk relawan demokrasi sejak beberapa waktu lalu untuk membantu tugas-tugas KPU dalam memberikan sosialisasi tentang partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi pilkada serentak di konkep.

“Karena pemilu berkualitas apabila tingkat partisipasi pemilih meningkat dan pastinya berjalan aman, lancar dan damai. Relawan demokrasi yang kami kukuhkan sebanyak 21 orang terbagi di 7 basis, setiap basis memiliki 3 orang relawan demokrasi untuk membantu melaksanakan sosialisasi tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan penyebaran Covid-19 ditengah pesta demokrasi pilkada serentak,” jelas Iskandar.

“Kita optimis angka partisipasi pemilih tahun ini akan tinggi. Karena penerapan protokol kesehatan tidak hanya dilakukan di saat sosialisasi kemarin, tetapi setiap TPS juga kami terapkan protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga pemilih tidak perlu khawatir saat ke TPS mencoblos meski dalam suasana pandemi Covid-19,” tandasnya.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait