Waktu Kehadiran Pemilih Dibatasi, KPU Konkep: Langkah Menghindari Kerumunan di TPS

  • Whatsapp
Formulir Model C. Pemberitahuan-KWK milik salah satu wajib pilih pada Pilkada Serentak 2020 di Konkep. FOTO:AAN

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI proses pemungutan suara pada Pilkada serentak yang diikuti sebanyak 270 daerah yaitu 9 Provinsi (Gubernur), 224 Kabupaten (Bupati) dan 37 Kota (Walikota) dilakukan hari ini mulai pukul 07:00 sampai 13:00 waktu setempat pada Rabu, 9 Desember 2020.

Sesuai lembaran surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih dalam lembar Model C. Pemberitahuan-KWK tertuang ada batas waktu kehadiran peserta pemilih saat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu berbeda dengan proses pemilihan-pemilihan sebelumnya yang tidak menentukan waktu kehadiran peserta pemilih saat pencoblosan di TPS.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Konkep Divisi Hukum, Nasruddin mengungkapkan adanya batasan waktu kehadiran peserta pemilih seperti yang tertuang dalam lembaran formulir Model C. Pemberitahuan-KWK yang telah diberikann kepada peserta wajib pilih itu adalah sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadinya kerumunan orang di TPS.

“Pilkada serentak tahun ini memang ada perbedaan, mengingat saat ini kita dalam kondisi menghadapi virus global atau Covid-19. Sehingga KPU membuat batasan waktu kedatangan di TPS untuk mencoblos agar tidak ada kumpul-kumpul di TPS,” kata Komisioner KPU Konkep, Nasruddin kepada Wawoniinews.com melalui sambungan selulernya. Rabu, 9 Desember 2020.

Kepada peserta wajib pilih, lanjut Nasruddin mengatakan agar bisa mematuhi sesuai waktu yang tertera dalam formulis Model C. Pemberitahuan-KWK sehingga tidak terjadi kerumunan orang di sekitaran TPS.

“Kami penyelenggara (KPU’ red) berharap agar setiap wajib pilih benar-benar tertib dan mematuhi waktu panggilannya, misalnya Si A TPS 1 waktu kehadiran pemilih disitu tertera jam 9 sampai 10, maka yang bersangkutan datang ke TPS di waktu itu. Sehingga tidak ada kumpul-kumpul di area TPS karena saat ini kita dalam upaya melawan virus Covid-19 yang mendunia,” terang Nasruddin.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait