Ini Data Kunjungan Wisata di Konkep Hingga Maret 2020

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Salah satu program Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di bawa kepemimpinan pasangan Bupati H. Amrullah dan Wakilnya Andi Muh Lutfi adalah pengembangan objek wisata alam di Pulau Wawonii.

Hal itu tertuang dalam visi misi masa kepemimpinan di periode pertamanya 2015-2020 yaitu Wisata Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan wisata Benteng Watuntumapi yang disingkat dengan wisata KANOPI.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, pihaknya mulai melakukan berbagai langkah dengan membangun berbagai sarana di objek wisata itu. Namun hingga saat ini yang menjadi fokus pengembangannya baru sebatas wisata Pantai Kampa dan wisata Air Terjun Tumburano. Hal itu terbukti terlihat akses jalannya menuju ke dua objek wisata itu sudah terbuka dengan kondisi pengerasan, kemudian di pusat wisatanya Pemda setempat telah membangun sejumlah gazebo dan kamar ganti untuk para wisatawan yang berkunjung.

Dengan terbukanya akses hingga tersedianya berbagai sarana di dua objek wisata tersebut tercatat jumlah kunjungan wisatawan dari Januari-Maret tahun 2020. Berikut jumlahnya berdasarkan per bulan Januari mencapai 1082 wisatawan, kemudian bulan Februari mengalami penurunan cukup drastis hanya 152 wisatawan dan bulan Maret juga nampak mengalami penurunan yaitu 109 wisatwan yang berkunjung.

Untuk lebih rincinya lagi, wisatawan yang berkunjung di wisata Pantai Kampa pada Januari mencapai 755 wisatwan kemudian Februari 92 dan Maret 71 wisatawan. Sedangkan objek wisata Air Terjun Tumburano per Bulan Januari tercatat hanya 327 wisatawan dan Februari 60 dan Maret hanya 38 kunjungan wisatawan.

Dari jumlah data kunjungan wisatawan di atas hannya kategori wisatawan yaitu wisatawan nusantara dan wisatwan lokal Konkep. Sedangkan wisatawan manca negara belum tercatat.

Data ini dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan melalui konkepkab.go.id yang dikelolah oleh Dinas Komunikasi Iformasi dan Persandian Konkep.

Redaksi

Pos terkait