Jelang Tahun Baru 2021, Lonjakan Penumpang Kapal Ferry Tujuan Wawonii Diprediksi 31 Desember

  • Whatsapp
Gambar: Para penumpang Ferry pemberangkatan Trip III sekitar pukul 16:00 Wita tujuan Wawonii masih normal. Minggu (27/12/2020). FOTO: Aan Ahmad (WN)

WAWAONIINEWS.COM, LANGARA – Perayaan tahun baru 2021 tinggal beberapa hari lagi. Namun suasana penumpang di Pelabuhan Ferry penyebrangan Kendari-Langara Wawonii yang berada di Jl. Pembangungan, Dapu-Dapura Kota Kendari itu masih relatif normal.

Tak ada lonjakan penumpang yang terlihat dari sejumlah transportasi laut rute Kendari–Langara, baik penumpang tiba dari Wawonii maupun penumpang orang akan berangkat dari Kendari menuju Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga Minggu, 27 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Gambar: Kapal Ferry KMP Bahteramas rute Kendari-Langara. FOTO: Dok. Redaksi (WN)

Kondisi itu dibenarkan Kapten Kapal Ferry Bahteramas, Alit Tariana saat ditemui di ruang kemudinya disela-sela aktivitasnya. Kapten Alit Tariana bilang hingga sampai saat ini belum terjadi lonjakan penumpang,baik penumpang tujuan Langara maupun sebaliknya.

Menurut Alit Tariana, lonjakan atau peningkatan arus bolak balik penumpang menjelang momen pesta pergantian tahun ini kalau pun terjadi diprediksi sekitar H-2 atau H-1. Pasalnya saat ini sarana transportasi penyebrangan ke Pulau Wawonii itu memiliki tambahan 1 unit armada kapal penumpang jenis Speedboat berkapasitas GT 89 yaitu KM Valentine Bahari. Selain itu ada juga sejumlah kapal rakyat (Kapal kayu) yang sudah lebih dulu beroperasi sebagai kapal penumpang.

“Hari ini, Minggu (27/12/2020) sampai dengan trip tiga tujuan Langara, Wawonii masih normal-normal saja. Kita prediksi kalaupun ada peningkatan penumpang sehari sebelum tahun baru atau tanggal 31 Desember 2020 karena sekarang sudah banyak kapal penumpang,” Kata Kapten Ferry Bahteramas, Alit Tariana kepada WAWONIINEWS.COM.

Lanjut bapak yang dikenal dengan murah senyum itu mengatakan, meski jadwal berlayar hari ini (Minggu’red) dari Pelabuhan Kendari tujuan Wawonii sesuai trip jadwal berangkat terlihat cukup banyak penumpang yang mayoritas adalah para pegawai di daerah tersebut yang hendak kembali untuk melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara.

“Saya melihat agak banyak penumpang hari ini menuju Langara Wawonii mulai pemberangkatan trip satu pada pukul 08:00 Wita dan trip ke tiga pukul 16:00 Wita. Mereka sebagian besar adalah para pegawai di Konkep. Sedangkan trip ke dua-nya siang tadi pukul 12:00 Wita dari pelabuhan Ferry Wawonii menuju Kendari juga masih normal,” jelasnya.

Berikut jumlah penumpang Kapal Ferry KMP. Bahteramas rute Kendari-Langara yang tercatat dalam data manifest oleh perusahaan pelayanan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada Minggu, 27 Desember 2020, sebagai berikut:

Trip I (Satu) berangkat dari Pelabuhan Ferry Kendari Pukul 08:00 Wita, tujuan Pelabuhan Ferry Langara Wawonii jumlah penumpang 158 orang, 48 kendaraan Roda dua, 4 unit roda empat, dan 6 unit kendaraan roda enam.

Trip II (Dua) berangkat dari Pelabuhan Ferry Langara Wawonii  Pukul 12:00 Wita, tujuan Pelabuhan Ferry Kendari  jumlah penumpang 207 orang, 60 unit kendaraan roda dua, 4 unit roda empat, dan 4 unit kendaraan roda enam.

Trip III (Tiga) berangkat dari Pelabuhan Ferry Kendari Pukul 16:00 Wita, tujuan Pelabuhan Langara Wawonii jumlah Penumpang 323 orang, 68 unit Roda dua, 3 unit roda empat, dan 2 unit kendaraan roda enam.

Penulis: Aan Ahmad

Pos terkait