Pasar Kabupaten Diaktifkan Awal Februari, Kadis Perindagkop Konkep: Tunggu Perbup

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, LANGARA – Awal bulan Februari tahun ini keberadaan pasar induk Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Desa Mata Langara Kecamatan Wawonii Barat akan dioptimalkan penggunaanya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perindagkop Abdul Pattah, SE. M. Si, saat ditemui diruangannya, Senin 18 Januari 2021.

“Rencananya kita akan optimalkan pasar kabupaten itu agar difungsikan setiap hari berpasar. Saat ini tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) nya ditandatangani Pak Bupati H. Amrullah. Muda-mudahan minggu ini tuntas,” kata Abdul Pattah.

Mantan Kepala BKD Konkep itu lebih lanjut dikatakannya, jika dasar peraturannya sudah tuntas ditandatangani oleh Bupati Konkep maka langkah selanjutnya yang akan dilakukan pihaknya adalah sosialisasi kepada para pedagang yang berada di perkampungan Bajo Kecamatan Wawonii Barat.

“Jadi jika sudah selesai ditandatangaini Perbupnya kami dari pihak dinas akan sosialisasikan dulu ke pihak pedagang untuk menjelaskan aturan-aruran yang di tetapkan. Dan Perbup itu wajib diikuti para pedagang,” tegas Abdul Pattah.

Bagi para pedagang yang akan menggunakan los pasar tersebut akan dibebankan biaya pendaftaran atau iuran perhari sebesar Rp 5.000 serta biaya retribusi parkir. Los pasar yang ada sekitar 60 los.

“Ternyata setelah saya telusuri kios-kios yang digunakan pedagang untuk menjual diperkampungan Bajo itu nilainya sangat tinggi yaitu 300 ribu rupiah perbulan. Itupun saya tidak tahu dimna mereka (pedagang) membayar iuran yang mahal itu. Itulah kita tunggu Perbup untuk mengatur para pedagang ini karena Pemda hanya bebankan saja 5.000 rupiah perhari dikali satu bulan itu cuman 150 ribu rupiah saja,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa jika Perbup tentang difungsikannya pasar tersebut, maka pihaknya tidak menginginkan lagi ada pedagang liar yang menggunakan badan jalan.

“Jadi yang menjual di lingkuan bajo itu yang memang ada rumahnya dilingkuang tersebut, jika ditemukan pedagang liar maka kami dari Dinas Perindagkop akan bekerja sama dengan Satpol- PP untuk ditertibkan,” pungkasnya.

“Pasar memiliki beberapa fungsi bagi perekonomian di daerah, yaitu pasar sebagai sumber retribusi daerah dan sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat sehingga perlu untuk diaktifkan secara optimal pasar induk kita,” kata Abdul Pattah.

Penulis: Aan Ahmad

Pos terkait