STQ ke-IV Konkep, Bupati Pesan Wujudkan Prestasi Utamakan Solidaritas

  • Whatsapp
STQ ke-IV Konkep, Bupati Pesan Wujudkan Prestasi Utamakan Solidaritas

WAWONIINEWS.COM: LANGARA – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) H. Amrullah, membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-IV tingkat kabupaten di Aula Kantor Bupati, Senin (15 Februari 2021).

Amrullah menyambut seluruh kafilah dari tujuh wilayah kecamatan yang telah tiba dan akan mengikuti rangkaian STQ dari berbagai cabang yang telah dipersiapkan panitia. Kegiatan berlangsung dari tanggal 15 sampai 17 Februari 2021 di Langara.

“STQ sebagai bagian dari program pembinaan kehidupan beragama dan peningkatan syiar Islam. Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya, khususnya bagi kaum muslimin dan muslimah sebagai upaya terwujudnya rasa cinta kita kepada sang pencipta Allah SWT dan jujungan kita Nabi besar Muhammad SAW,” sambutnya.

Lanjut Bupati, STQ adalah kegiatan strategis yang merupakan ajang lomba seni baca Al Quran yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat dan bangsa kita.

“Mari kita wujudkan sukses prestasi pada ajang STQ IV tingkat Konkep, ini untuk menuju yang lebih baik pada STQ tingkat Provinsi Sultra yang akan diselenggarakan di Kota Kendari, guna memilih qari-qariah dan hafidz-hafidzah terbaik,” lanjutnya.

Bupati lantas menyampaikan selamat berlomba dan berkompetisi secara sehat pada seluruh kafilah, agar mengukir prestasi yang gemilang dan tetap mengedepankan rasa solidaritas, persaudaraan, dan ukhuwah islamiah di atas segalanya.

Sebagaimana makna STQ, tujuan utama penyelenggaraannya tidak sekedar untuk menjadi juara saja, tetapi jauh lebih penting menumbuhkan kecintaan terhadap Al Quran sebagai petunjuk dalam kehidupan, khususnya di Konkep.

“Wawonii yang berkembang, kompetitif dan tangguh dalam mendukung terwujudnya tata peradaban masyarakat Wawonii yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial ekonomi dan sosial budaya tahun 2021,” tutupnya.

Wakil Bupati Konkep, yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Andi Muhammad Lutfi, dalam laporannya menyampaikan surat LPTQ Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor 13/LPTQ – PROV/01/2021 tentang petunjuk pelaksanaan teknis STQ XXVI tingkat Provinsi Sultra tahun 2021.

Penyelenggaraan STQ ke-IV tingkat Kabupaten Konkep, lanjut Lutfi, terdiri dari dua cabang, yakni Tilawatil Quran golongan anak-anak dan dewasa, cabang Tahfiz Quran golongan 1 juz dan 5 juz, serta cabang tilawah 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

“STQ ini sebagai wahana untuk memilih duta-duta Tilawatil Quran yang terbaik dan handal yang nantinya akan mewakili Konkep pada ajang kompetisi STQ tingkat Provinsi Sultra, yang akan berlangsung pada bulan Maret tahun 2021,” jelasnya(15/02/2021).

Penyelenggaraan STQ ini sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Konkep nomor 2 tahun 2018, tentang penetapan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, dan SK Bupati Konkep nomor 26 tahun 2021 tentang Panitia STQ ke IV Tingkat Konkep Tahun 2021, serta SK LPTQ Konkep nomor 09 tahun 2021 tentang Pengangkatan Dewan Hakim STQ Tingkat Konkep tahun 2021.

Penulis : Aan Ahmad
Editor: GSM

Pos terkait