Polemik Air Bersih, PU Konkep Genjot Perbaikan

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA- Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam membangun daerahnya tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) saja, akan tetapi juga fokus pada kebutuhan primer yakni ketersediaan Air bersih. Terbukti Pemda Konkep telah membangun tempat penampungan air di beberapa titik diantaranya penampungan yang berada di desa Lamoluo.

Soal ketersediaan air bersih akhir-akhir ini menjadi keluhan utama masyarakat Konkep, khusunya warga yang bermukim di Kecamatan Wawonii Barat pusat ibu kota kabupaten, warga harus mengantre berjam-jam untuk mendapat air bersih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Israwan Sulpa mengatakan pihaknya terus melakukan perbaikan pada jaringan air bersih yang ada. Diakuinya bahwa belum terpenuhinya secara menyeluruh kebutuhan air bersih untuk masyarakat  salah satunya diakibatkan adanya beberapa kendala salah satunya beberapa pipa yang rusak akibat banjir.

“Saat ini Kami terus berupaya menangani beberapa kendala pada jaringan air bersih, agar dapat melayani seluruhnya kebutuhan air pada Masyarakat,” kata Israwan, Rabu (24/02/2021).

Lebih lanjut Israwan, untuk pengelolaan air bersih nantinya bakal dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)  Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

“Jadi untuk mengatur semua pengelolaan air bersih ini berada dibawah UPTD SPAM yang akan menangani secara khusus mengenai air minum atau air bersih,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Kabid Cipta Karya dinas PU Konkep La Ode Izart, pihaknya terus mengupayakan melakukan perbaikan dilapangan agar dapat memenuhi kebutuhan air pada masyarakat.

“Air yang mengalir seluruhnya di Desa Langara Bajo itu adalah air dari Desa Mata Baho yang selama ini tidak mengaliri air di Desa Langara Bajo melainkan mengaliri air di bagian langara ujungnya yaitu Desa Mata Langara, Desa Langkowala sampai SMA,  maka dari itu untuk saat ini yang kita bagi sekarang areal Desa Langara Bajo mengalir dari jam 17.00 – 08.00 Wita pagi selebihnya itu dari jam 08.00 – 17.00 Wita untuk Langara dan sekitarnya,” kata Izart melalui pesan WhatsApp pribadinya.

“Air PDAM sekarang bermasalah, hampir total jaringan. Mengingat sekarang pipa-pipa yang dulu dipinggir jalan sekarang sudah berada ditengah jalan sehingga meyulitkan kita untuk memperbaiki dan yang di ketahui jaringna PDAM itu dibangun sejak 2005 seingatku,” tambahnya.

Laporan: Aan Ahmad

Pos terkait