Pemkab Konkep Gelar Pra Musrenbang

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA- Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan se Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dimulai sejak Jumat 26 Februari 2021 sampai dengan 04 Maret 2021, dengan tema penguatan insfratruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta mendukung pengembangan sektor perikanan, pertanian dan pariwisata serta UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi dampak covid-19.

Pra Musrenbang kali ini didampingi langsung oleh Badan Perencanaan Pembangunan ( Bappeda Konkep ) serta Ketua DPRD Konkep Ishak. Pra Musrenbang yang digelar itu melibatkan dua Kecamatan yakni Kecamatan Wawonii Selatan dan Kecamatan Wawonii Tenggara bertempat di Balai Desa Langgara Jaya.

Ketua Dewan Konkep Ishak mengatakan tujuan Musrenbang Kecamatan ini adalah merupakan bentuk nyata pendakatan partisipatif sebagai salah satu syarat mutlak pendekatan perencanaan pembangunan. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang bahwa perencaaan pembangunan harus mengoptimalkan pendekatan partisipatif masyarakat, sehingga perencanaan yang disusun mencerminkan kondisi riil masyarakat.

“Kehadiran kami disini beradasarkan amanat Undang-undang bahwa perencaaan pembangunan harus mengoptimalkan pendekatan partisipatif masyarakat, sehingga perencanaan yang disusun mencerminkan kondisi riil yang ada di masyarakat. Apapun Kondisinya jika kegiatan yang dibuat itu untuk pembangunan di Desa maka pendapat Kepala Desa haruslah selaras dengan BPD, karena pada kedudukannya BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa,” jelasnya Rabu, (03/03/2021).

Maju tidaknya pembangunan pada suatu desa, Kata dia, tergantung selarasnya pemahaman antara Kades dan BPD. “Kemitraan antara kepala desa dengan Badan Permusyawaratan Desa wajib dibangun dengan begitu secara kolektif akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Ishak.

Ditempat yang sama Sekertaris Bappeda Konkep Yasir Buburanda Djafar mengatakan, Pra Musrenbang ini bertujuan untuk menyerap usulan para Kepala Desa dan bakal ditindak lanjuti berdasarkan tema yang telah ditetapkan.

“Apa yang diusulkan oleh para Kades adalah tanggung jawab kami, untuk tema, prioritas musrenbang kali ini adalah penguatan insfratruktur peningkatan SDM dan mendukung pengembangan sektor perikanan, pertanian dan pariwisata serta UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi dampak Covid-19,” tegas Yasir alumnus IPDN.

Penulis: Aan Ahmad/Aldi

Pos terkait