Tokoh Adat Desa Lamoluo di Konkep Ikuti Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA – Keberadaan lembaga adat tingkat desa tak bisa diabaikan. Sebab fungsi lembaga adat justru akan membantu pihak Pemerintah Desa (Pemdes) dalam pelaksanaan pemerintahan desa di berbagai kegiatan.

Olehnya itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas lembaga adat desa. Kali ini Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) sebagai sasaran untuk meningkatkan kapasitas lembaga adat desa pada Senin, 8 Maret 2021.

“Lembaga adat desa akan membantu dalam pelaksanaan pemerintahan desa sehari-hari. Karena sebagai mitra dalam memberdayakan melestarikan dan mengembangkan adat istiadat sebagai wujud pengakuan terhadap adat istiadat masyarakat desa,” kata Sofyan saat saat membawakan materinya pada acara peningkatan kapasitas desa yang berlangsung di Balai Desa Lamoluo, Konkep. Senin (8/3).

“Selain itu keberadaan lembaga adat desa akan membantu pelaksanaan urusan dalam pembangunan pemerintahan di desa,” katanya lagi.

Plt. Kepala Desa Lamoluo, Muh.Djunaidy, Muh Djunaidy, SH saat menerima sertifikat peningkatan kapasitas lembaga adat desa dari DPMD Sultra, Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan lembaga adat adalah salah satu organisasi yang berkedudukan sebagai lembaga kemasyarakatan dalam melestarikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat istiadat daerah.

Untuk itu masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi pada kegiatan menegakkan hukum adat, menyelesaikan persoalan yang timbul dilingkungan sosial masyarakat serta menjaga eksistensi nilai-nilai adat istiadat Wawonii.

“Sebagai mitra lembaga adat membantu dalam penyelenggaraan pembangunan desa,” ujar Sofyan.

Ditempat yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Lamoluo Muh. Djunaidy, SH mengapresiasi kegiatan peningkatan kapasitas lembaga adat.

Foto bersama Sejumlah tokoh adat Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, Konkep usai mengikuti acara peningkatan kapasitas lembaga adat desa bersama pihak DPMD Sultra, Sofyan dan DPMD Konkep serta Kepala Desa Lamoluo.

Muh. Djunaidy menjelaskan keberadaan lembaga adat desa juga akan berfungsi untuk mengayomi dan melestarikan nilai-nilai sosial kultural dan kebudayaan masyarakat Wawonii.

Hal ini untuk memperkokoh fungsi dan peran lembaga adat desa sebagai wadah fasilitator pengelolaan pembangunan desa dengan acuan nilai-nilai norma adat istiadat budaya dan kearifan lokal masyarakat Wawonii khususnya masyarakat Desa Lamoluo.

“Lembaga adat berfungsi bersama pemerintah merencanakan, mengarahkan dan mensinergikan program pembangunan desa agar sesuai dengan tata nilai adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan yang berkembang untuk kesejahteraan masyarakat Desa Lamoluo khususnya,” kata Plt Kades Lamoluo Muh. Djunaidy.

“Juga untuk kesejahteraan masyarakat. lembaga adat ini berfungsi sebagai alat kontrol keamanan, ketenteraman, kerukunan, dan ketertiban masyarakat, baik preventif maupun represif,” ujarnya dihadapan para tokoh adat Desa Lamoluo.

Peningkatan kapasitas lembaga adat ini dihadiri oleh pihak DPMD Sultra Sofyan, Sekertaris DPMD Konkep,Kabid DPMD Konkep, Kepala Desa Lamoluo Muh. Djunaidy, Ketua Tim Penggerak PKK Konkep, BPD Desa Lamoluo, serta Tokoh Adat dan Masyarakat Desa Lamoluo.

Pihak DPMD Sultra juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada puluhan peserta yang telah ikut peningkatan kapasitas lembaga adat.

Penulis: Nanang Sofyan

Pos terkait