Dewisnu Lirik Desa Langara Tanjung Batu Jadi Desa Wisata Nusantara

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA- Sektor Pariwisata memiliki dampak besar untuk perkembangan ekonomi pada suatu wilayah, tentunya hal itu tergantung pada Pemerintah diwilayah itu sendiri bagaimana menata strategi di sektor pariwisatanya.

Desa Langara Tanjung Batu, adalah desa yang berkedudukan di Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Desa tersebut dihuni mayoritas oleh suku Bajau (Bajo).

Memiliki banyak potensi objek wisata yang dapat dikembangkan Desa Langara Tanjung Batu dilirik Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu).

Ketua Umum Dewisnu, Mangku Kandia mengatakan dalam kunjungan Dewisnu di Desa Langara Tanjung Batu untuk meninjau objek objek wisata sekaligus menandatangani MoU pemetaan dan kajian desa wisata Langara Tanjung Batu yang nantinya desa tersebut bakal menjadi desa binaan Dewisnu

“Targetnya untuk desa wisata Nusantara 144 desa saat ini yang menjadi binaan sudah 29 desa termaksud dengan desa langara Tanjung batu, pengelolan lebih kepada pemberdayaan,” jelasnya, Sabtu (20/03/2021).

Untuk itu, pihaknya berharap dengan dijadikan desa wisata dapat memberi manfaat kepada masyarakat desa Langara Tanjung Batu juga dapat meningkatkan kualitas pelaku UMKM desa.

“Saat ini mapping potensi desa guna pelaporan hasil kajian- kajian potensi wisata desa Langara Tanjung Batu,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Perwakilan Yayasan Dewisnu Sulawesi Tenggara, Dewi Rahman menjelaskan keunikan pada suku Bajau yang mendiami desa itu sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

“Baru kali ini saya mendapatkan suku Bajau memiliki hutan, maksudnya di langara tanjung batu ini suku Bajau memiliki kebun pada umumnya kita tahu sendiri Suku Bajo hidupnya mencari dilaut, inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri,” terang Dewi.

Untuk diketahui, beberapa objek wisata Langara Tanjung Batu tersebut diantaranya Batu Belah, Matan Tahi, Pantai Pasir Putih, Karamba Ular.

Sementara itu Kepala Desa Langara Tanjung Batu Janus mengucapkan apresiasi kepada yayasan Dewisnu, pihaknya mengundang Dewisnu tidak lain adalah salah satu upaya menumbuhkan ekonomi disketor pariwisata desa.

“Kami sangat berterima kasih, semoga desa langara tanjung batu dapat menjadi desa wisata bahari, apa yang dilakukan ini tidak lain bertujuan untuk memajukan desa, sekaligus meningkatkan ekonomi untuk masyarakat khususnya desa Tanjung batu pada sektor pariwisata, terimakasih Yayasan Dewisnu,” tegasnya

“Untuk ini Desa Langara Tanjung Batu bersama Yayasan Bina Insani, desainya sudah selesai sejak tahun lalu, ini tindak lanjutnya,” tambahnya.

Desa yang mimiliki luas wilaya 7 ribu meter persegi itu dihuni dengan jumlah Kepala Keluarga 204 (KK).

Penulis: Aldi Dermawan

Pos terkait