2021 Desa Wawouso Baru Lirik Budidaya Penanaman Porang

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA- Berbagai inovasi dilakukan untuk memanfaatkan dana desa. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan merambah beberapa sektor, baik pariwisata, Pertanian, Perikanan dan lain sebagainya.

Seperti Desa Wawouso Baru, Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan yang rencanakan budidaya penanaman porang.

Kepala Desa Wawouso Baru Sitti Maemuna mengungkapkan ditahun 2021 ini bakal memprogramkan penanaman porang. Pihaknya bakal menganggarkan pengadaan bibit porang yang dikelola langsung oleh masyarakat desa Wawouso baru itu sendiri.

“Dalam satu kelompok terdiri dari lima sampai tujuh orang, pembentukan kelompok ini diambil dari satu orang satu Kepala Keluarga. Dengan total 83 KK kita bisa membentuk sebanyak 16 kelompok untuk penanaman porang ini,” jelas Maemuna.

Untuk itu, Maemuna merencanakan bakal menyediakan bibit untuk masyarakatnya masing masing kelompok diberi 200-400 bibit.

“Dalam satu kelompok itu kisaran 200 sampai 400 bibit yang akan dikelola dengan luas lahan masing masing kelompok memiliki lahan satu hektar,” terangnya.

Untuk diketahui anggaran DD tahun 2021 Desa Wawouso Baru itu sebesar Rp 805.340.000, dan ADD sebesar Rp 374.580.000.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait