Tersandung Korupsi Tiga ASN Konkep Belum Dipecat

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA-Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) belum menetapkan mengenai sanksi apa kepada tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Konkep yang terjerat kasus Korupsi. Alasannya saat ini Pemerintah setempat belum mengetahui persis putusan Pengadilan Negeri (PN).

“Di Konkep Ada tiga orang ASN yang saat ini sedang menjalani pidana Korupsi sudah putus pengadilan, diantaranya onknum ASN, korupsi pengadaan lahan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) (2 orang) korupsi pada pembangunan Puskesmas Bobolio (1 orang) tetapi kami belum mengetahui persis mengenai putusan mereka,” kata Sekda Konkep Cecep Trisnajayadi, Senin (22/03/2021).

Untuk itu, pihaknya masih melayangkan surat ke Pengadilan Negeri mengenai putusan inkrah tiga Aparaturnya itu.

“Belum ada kepastian, ya mengenai sanksi kami masih melayangkan surat ke PN, belum ada sanksi atau pemecatan, masih meminta kejelasan ke Pengadilan, sanksi apa yang diberlakukan,” terang Cecep.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan mengenai ketentuan ASN yang tersangkut Tipikor di atas ‘dua tahun’ bakal dilakukan pemecatan.

“Dasarnya ada jika ASN melakukan Tipikor diatas dua tahun dan itu berkekuatan hukum tetap sanksi pemecatan menanti,” tambahnya.

Sebagaimana putusan MK 87/PUU-XVI/2018, pemberhentian PNS tidak dengan hormat berlaku bagi mereka yang sudah mendapat putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Dengan demikian, tidak ada alasan untuk dilakukan penundaan.

Penulis: Aldi Dermawan

Pos terkait