2021 Dana Desa Langara Tanjung Batu Rp795 Juta, Diprioritaskan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Kepala Desa Langara Tanjung Batu, Janus Munandar, SE.

WAWONIINEWS.COM : KONKEP – Besaran Dana Desa (DD) Desa Langara Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2021 ini mencapai Rp795 juta lebih.

Bacaan Lainnya

Dengan besaran DD itu, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat akan memprioritaskan penggunaannya untuk penanganan Covid-19 di desanya. Pasalnya hingga kini penyebaran dan peluang masyarakat terpapar virus itu masih mengancam negeri bahkan dunia, termasuk Desa Langara Tanjung Batu di Konkep.

Kepala Desa Langara Tanjung Batu, Janus Munandar, SE (tengah didepan) bersama perangkat desanya.

Kepala Desa Langara Tanjung Batu, Janus Munandar mengatakan pada tahun anggaran ini pihaknya akan memfokuskan penggunaan DD itu pada pencegahan dan penanganan virus Corona. Hal itu sudah menjadi program kerja berdasarkan hasil musyawarah desa (Musdes) bersama masyarakatnya beberapa waktu lalu.

“Itemnya adalah pembangunan posko 1 unit. Kemudian pengadaan obat, masker, handsanitizer, honor petugas Covid desa, petugas kesehatan desa, bahan cairan dinspektan, sticker himbauan pencegahan Covid-19, handscon (sarung tangan) dan baju relawan Covid-19 desa,” papar Janus Munandar, Selasa (23/3/2021).

Masih tentang dampak Covid-19, pada anggaran DD ini akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada keluarga yang terdampak virus global. Janus Munandar menyebutkan sebanyak 55 Kepala Keluarga (KK) akan diberi BLT terhitung Januri-Desember 2021, besarannya per KK Rp.300 ribu yang akan diberikan secara bertahap.

Selain itu, Janus sapaan akrabnya menjelaskan bahwa berdasarkan permintaan masyarakatnya untuk dilakukan pembangunan jembatan titian. Sebab jembatan yang sudah ada itu hampir tak layak pakai karena usianya. Hampir lapuk.

“Selain prioritas pada pencegahan dan penanganan Covid-19 kami juga akan bangun jembatan titian sepanjang 85 meter di Dusun I Desa Tanjung Batu, serta pengadaan sound sistem. Karena itu penting juga untuk di desa,” ujarnya.

Item lain pada program desa yang mayoritas penduduknya adalah suku Bajau (Bajo) itu adalah menyediakan insentif guru Paud untuk 8 orang tenaga pendidik. Kemudian pembayaran listrik dan wifi desa. Kemudian ada juga penyediaan makanan tambahan dan penanganan penyakit menular lainnya.

Penyediaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), makanan tambahan dan penandatanganan kontrak kerja sama (MoU) bersama Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) pusat tentang pemetaan potensi pariwisata dan kajiannya.

Terakhir adalah Pemdes Langara Tanjung Batu juga tengah menjalin kontrak kerja sama dengan PT Media Utama Wawonii penerbit media online (wawoniinews.com) tentang publikasi program desa selama satu tahun

“Kerja sama itu juga kami masukan dalam APBDes yang menggunakan anggaran DD tahun 2021,” pungkasnya.

Sedangkan Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Langara Tanjung Batu tahun 2021 adalah Rp374 juta lebih.

Penulis: Aan Ahmad

Pos terkait