Dewisnu Puji Spot Wisata Wawonii

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM: LANGARA- Memiliki alam yang masih orisinal serta banyaknya objek-objek wisata yang dapat di kunjungi Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mendapat pujian dari Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Senin (22/03/2021).

Ketua Umum Yayasan Dewisnu Mangku Kandia mengatakan Konkep adalah daerah yang alamnya masih terjaga alias orisinal banyaknya obejek wisata yang ada dapat dikembangkan sehingga ekonomi sektor pariwisata pada daerah setempat bisa hidup.

“Konkep bersyukur karena memiliki banyak spot wisata yang berada di Konkep dan dapat dikembangkan, apalagi di Pulau Wawonii ini oksigenya masih bagus. Alamnya belum rusak Ini cocok untuk wisata bertema wellness tourism, cocok untuk kesehatan,” jelasnya.

Diketahui, ketika menginjakan kaki ke Pulau Wawonii berbagai spot spot wisata yang dapat dikunjungi diantaranya Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano, Permandian Air Panas Desa Wungkolo, Air Terjun Kopea Desa Lawey, Air Terjun Laantambaga Desa Lampeapi, Pantai Kampolau Lampeapi, Hutan Magrope, Air terjun Lanuku Desa Wawouso, Ringkulele, Makam Ringkulele, Sungai Mosolo, Permandian Laa Wawonii Desa Ladianta, Pantai Tengkera, Pantai Sawaea, Pantai Polara, Benteng/kerajaan Watuntinapi, Kontara (Benteng Pertahanan), Makam Raja Mbeoga dan Lokasi persawahan Desa Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara.

Menurut Mangku mengenai konsep wisata yang cocok untuk Konkep yakni “Pentas Helix” sebab kata dia, untuk pengembangannya melibatkan beberapa lintas sektor yang saling berkaitan.

“Konsep Penta Helix cocok untuk digunakan dalam pengembangan wisata Wawonii mengenai lintas sektor itu, pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas, dan media. Ini lah lima unsur yang harus disatukan kalau mau wisatanya berkembang,” terangnya.

“Akademisinya, Komunitasnya, Medianya yang bertugas promosi atau Publikasi,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Permudora-Konkep) Suparman Lambiye mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep telah menetapkan tujuh Desa Wisata masing masing menjadi bahan garapan pemerintah setempat mewujudkan daerah yang memiliki destinasi wisata.

“Untuk mengembangkan potensi potensi ini tentu Pemda Konkep sinkron dengan Pemerintah Desa ada tujuh lokasi destinasi wisata yang ditetapkan Pemda melalui Permudora yaitu Desa Tanjung Batu Kecamatan Wawonii Barat, Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat, Desa Labeau Kecamatan Wawonii Utara, Desa Tumburano Kecamatan Wawonii Utara, Desa Watuondo Kecamatan Wawonii Timur Laut, Desa Tekonea Kecamatan Wawonii Timur, dan Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara,” katanya.

Penulis : Aan Ahmad/Aldi

Pos terkait