Cecep Trisnajayadi Tekankan Kepsek Harus Mampu Bedakan Belanja Modal dan Belanja Barang

  • Whatsapp
Sekda Konkep Ir. H. Cecep Trisnajayadi, MM. Foto: Istimewa

WAWONIINEWS.COM: KONKEP – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memaksimalkan kinerjanya, baik tata kelola keuangan maupun dalam penyusunan pelaporan realilasi penggunaan anggaran negara. Mulai dari tingkap SKPD, kecamatan, kelurahan, desa maupun pada tingkat satuan pendidikan.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Konkep, H Cecep Trisnajayadi menekankan kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) baik tingkat PAUD, SD dan SMP agar mampu membedakan mana belanja modal dan mana belanja barang.

“Ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ditiap-tiap sekolah, maka dengan dana BOS itu sudah cukup mendukung operasional sekolah sehingga tidak ada alasan untuk tidak memajukan sekolah tersebut,” jelas Cecep Trisnajayadi saat memberikan arahannya kepada para Kepsek di Aula SMPN 1 Wawonii Barat. Kamis, 1 April 2021.

Sekda Konkep, Ir.H. Cecep Trisnajayadi, SE., MM (tengah) saat memberikan arahan kepada sejumlah Kepala Sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMP se Konkep. Foto: Nanang

Kata Jendral ASN Konkep itu bahwa tugas dan tanggung jawab Kepsek harus bisa memanajerial pengelolaan setiap satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Menurut Cecep Trisnajayadi dalam penyusunan laporan penggunaan dana di sekolah masih ada Kepsek yang belum menguasai sepenuhnya terkait penyusunan laporannya terkait mana belanja modal dan mana belanja barang.

“Kemarin-kemarin masih ada sebagian kecil Kepsek yang belum memahami aturan tersebut sehingga laporannya masih ada yang keliru,” katanya.

“Pada prinsipnya sangat penting diadakan kegiatan seperti ini melakukan rekon atau evaluasi kinerja. Sehingga kedepan semua Kepsep sudah mampu memahi aturan penyusunan laporannya,” pungkas Sekda Konkep, H. Cecep Trisnajayadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Muhammad Yani melalui Kabid Pendidikan Dasar, Umaryadi mengatakan rapat evaluasi seperti ini pihaknya akan selalu mengadakan. Sebab evaluasi kinerja akan mendongkrak hasil kinerja menuju yang lebih baik lagi. Utamanya pada penyusunan laporan Kepala sekolah.

“Kita akan selalu membuat rapat-rapat kecil seperti ini untuk mengevaluasi kerja-kerja para Kepsek,” kata Ketua PGRI Konkep itu.

Penulis: Nanang Sofyan

Pos terkait