Partisipasi Pemilih Capai 91 Persen, KPU Konkep Raih Juara II Tingkat Nasional

  • Whatsapp

 

WAWONIINEWS.COM: KONKEP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mendapat penghargaan nasional dari KPU RI dengan nomor 201/SDM.03.7-Kpts/05/KPU/III/2021 pada Pilkada serentak tahun 2020.

Piagam penghargaan tersebut ditandatangani oleh Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra pada 29 Maret 2021 sebagai juara II se-Indonesia atas tingginya angka partisipasi pemilih di Konkep pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep yang digelar 9 Desember 2020 lalu dengan angka partisipasi pemilih mencapai 91,92 persen. Angka ini telah melebihi dari batas target KPU RI.

Piagam penghargaan dari KPU RI yang diberikan kepada KPU Konkep pada Bidang Partisipasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep Pilkada serentak tahun 2020. Foto: KPU Konkep for WAWONIINEWS.COM

Ketua KPU Konkep, Iskandar melalui Sekretarisnya, Zulkifli mengatakan tercapainya target partisipasi pemilih merupakan hasil kerja keras pihaknya mulai dari badan Ad hock, baik KPPS sampai pada jajaran komisioner.

Meski begitu, Zulkifli bilang keberhasilan kerja instansinya itu tidak lepas dari dukungan para pihak terkait. Seperti para komisioner KPU Provinsi Sultra yang selalu memberi bimbingan maupun para pihak pengawas.

“Tentunya kami atas nama KPU Konkep memberikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi pada acara demokrasi kita,” ucap Zulkifli lewat via selulernya. Kamis, 1 April 2021.

“Dan juga kepada Pemda Konkep yang sudah memberikan anggarannya pada Pilkada kemarin, terima kasih kepada Bupati H. Amrullah, Wakil Bupati Andi Muh Lutfi dan Sekda Konkep H. Cecep Trisnajayadi dan OPD terkait,” kata Zul sapaan akrabnya.

Zul juga memberikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua DPRD Konkep, Ishak dan seluruh anggotanya.

“Kami juga atas nama KPU Konkep mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu, pihak keamanan Polda Sultra, Polres Kendari dan seluruh Polsek di Wawonii. Kemudian juga pihak TNI melalui Koramil 1417-01 Wawonii,” sebutnya.

Tidak cuman itu, KPU Konkep juga memberikan ucapan kepada insan pers dalam memberikan publikasi tahapan Pilkada melalui media baik cetak, online maupun elektronik.

“Terima kasih juga kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe dalam partisipasinya. Termasuk ucapan terima kasih kepada tim gugus tugas Covid-19,” tambahnya.

Zul juga menyebutkan bahwa selain penghargaan pada bidang partisipasi. Prestasi lainnya yang diberikan KPU Konkep yaitu apresiasi prestasi juara III tingkat nasional dan juara II tingkat KPU provinsi dalam hal penggunaan Si-Rekap (sistem rekapitulasi) penghitungan suara tercepat pada Pilkada serentak tahun 2020.

Penulis: Sofyan

Pos terkait