Wisata Pantai Kampa Jadi Pilihan Pelaksanaan Orientasi Wartawan PWI Sultra

  • Whatsapp
Nampak objek destinasi pantai kampa, Konkep.

WAWONIINEWS.COM : KONKEP – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan orientasi wartawan. Kali ini, pelaksanaannya akan berbeda dengan yang sebelumnya. Sebab, pelaksanaan orientasi ini akan dikemas dengan penuh keakraban sambil menikmati suasana terbuka bernuasa alamamiah, tidak seperti biasanya berlangsung di hotel atau gedung- gedung besar di Kendari.

Pelaksanaan orientasi wartawan calon anggota baru PWI Sultra tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Konkep adalah orientasi ke II setelah dilaksanakannya orientasi pertama pada awal pekan lalu di Kota Kendari. Orientasi ini mengusung tema ‘menjaga etika, menjamin kemerdekaan pers’.

Berlangsung di objek wisata alam andalan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau akrabnya dikenal Pulau Wawonii, yaitu wisata Patai Kampa Desa Wawobili, kecamatan Wawonii Barat. Kegiatannya akan dikemas sederhana saja dengan tetap menikmati nuasa alam di pantai itu.

Sejumlah Wartawan di Wawonii, Konkep saat berfoto di pantai kampa.

Objek wisatanya pun masih sangat alami, ribuan pohon kelapa sebagai ciri khas daerah ini berdiri tegak sepanjang bibir pantai, belum lagi hembusan angin dari arah laut dengan gemuru suara ombaknya akan membuat suasana kegiatan semakin larut. Peserta orientasi khususnya yang berasal dari luar daerah dipastikan akan jatuh cinta dengan suasana alamnya Pantai Kampa.

Salah satu panitia orientasi wartawan PWI Sultra mengatakan bahwa hasil rapat panitia bersama pengurus PWI Sultra menetapkan Pantai Kampa sebagai lokasi pelaksanaan orientasi. Kata dia, tujuan digelarnya ajang seleksi calon anggota organisasi wartawan untuk PWI Sultra di Pantai Kampa adalah mempromosikan destinasi pariwisata alam Wawonii.

Selain itu, lanjut Komisaris Utama PT Media Utama Wawonii, penerbit pers (Wawoniinews.com) mengatakan pihaknya sengaja melaksanakan kegiatan tersebut di Pantai Kampa dengan konsep berbeda dengan pelaksanaan orientasi sebelumnya. Mengingat Wawonii merupakan kabupaten yang masih baru, tentu masih sangat membutuhkan publikasi khususnya bidang sektor destinasi pariwisata yang tidak kalah indah dengan objek wisata di daerah yang lebih dulu mekar dari kabupaten ini.

“Alhamdulillah Konkep dipercayakan oleh PWI Sultra sebagai tuan rumah pelaksanaan orientasi calon anggota baru PWI Sultra tahun ini. Hal ini merupakan momen untuk mempromosikan destinasi wisata pulau Wawonii, karena pesertanya sebagaian berasal dari berbagai daerah di Sultra juga sebagai pewarta dari berbagai jenis media di Sultra,” ujar salah seorang panitia orientasi PWI Sultra ke II, Nanang Sofyan. Jumat, 9 April 2021.

Dikatakannya, dengan dilaksanakan orientasi ini pada destinasi pariwisata Wawonii, peserta bisa sekaligus liburan menikmati keindahan objek wisata Pantai Kampa.

“Sebagai putra daerah tentu kita harus membantu pemerintah dalam promosi objek wisata daerah kita. Karena masih banyak yang belum tahu persis bahwa Konawe Kepulauan memiliki banyak spot-spot objek pariwisatanya. Dan ini salah satu momennya kita promosikan,” kata Nanang.

Kegiatan orientasi PWI Sultra ini rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Konkep dua periode, Ir. H. Amrullah, MT, di Aula Home Stay Pantai Kampa pada Sabtu, 10 April 2021.

“Iya, besok hari Sabtu kegiatannya dan rencananya kalau tidak ada perubahan jadwal akan dibuka langsung pak bupati H Amrullah pada jam 2 siang. Kegiatannya hanya sehari saja, pesertanya wartawan dari Konkep 10 orang dan dari Kendari informasinya sekitar tujuh orang,” pungkasnya.

Penulis: Aan Ahmad

Pos terkait