Desa di Kecamatan Wawonii Timur Selenggarakan Pelatihan SDGs

  • Whatsapp

WAWONIINEWS.COM, KONKEP- Menjadi prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 SDGs Desa merupakan Pembangunan berkelanjutan. Desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa Ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya.

Pemerintah Desa (Pemdes) Tekonea dan Desa Butuea Kecamatan Wawonii Timur selenggarakan pelatihan SDGs (Sustainable Development Goals) pembekalan Pokja relawan untuk pendataan SDGs Desa Tahun 2021 bertempat di balai Desa Tekonea, Kamis (22/04/2021).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kasi Pemerintahan Kecamatan Wawonii Timur Irmansyah, tenaga Pendamping Profesional Konkep (TA) Agus Rahmat Ali selaku pemateri, pendamping lokal Desa di Kecamatan Wawonii Timur, Supriadi.

Pendamping lokal, Desa Tekonea Supriadi mengatakan pada pelatihan yang diselenggarakan tersebut masing-masing desa memiliki 15 peserta.

“Masing-masing desa 15 peserta di kegiatan ini, untuk penugasan dan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa itu merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK),” kata Supriadi akrab disapa Adhie.

Ia berharap agar POKJA relawan pendataan serius dalam mengikuti materi pelatihan yang sampaikan, sehingga dapat dipahami dan mampu diaplikasikan dilapangan nantinya.

“Peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah warga yang ada di desanya agar data yang diperoleh sesuai harapan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Adhie memaparkan, mengenai rujukan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa berdasarkan peraturan menteri desa.

“Berdasarkan pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa,” paparnya.

Untuk diketahui SDGs Desa merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional. Penulis:

Aldi Dermawan

Pos terkait