Puskesmas Langara Beri Pelayanan Vaksinasi bagi Lansia dan Tenaga Pendidik

  • Whatsapp
Salah satu lansia sedang divaksin oleh tim petugas vaksinasi Puskesmas Langara. Foto:Aan Ahmad/WN

WAWONIINEWS.COM : KONKEP – Keseriusan pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 terus dilakukan. Seperti Puskesmas Langara, Kecamatan Wawonii Barat, Konawe Kepulauan (Konkep) Sultra telah memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi orang lanjut usia (Lansia) dan tenaga pendidik di wilayahnya. Jumat, 21 Mei 2021.

Kapus Langara, Yemi Yusuf, SKM., M. Kes (tengah) bersama lansia usai divaksin Covid-19. Foto:Aan/WN

Kepala Puskesmas Langara, Yemi Yusuf, SKM., M. Kes mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia dan tenaga pendidik ini merupakan penyuntikan pertama yang dilaksanakan sesuai prosedurnya. Hal itu sesuai dengan nomor code Batch Vaksin 24002221 untuk pelayanan publik seperti tenaga pendidik dan lansia.

“Alhamdulillah vaksinasi tahap dua (II) di Puskesmas Langara untuk lansia dan tenaga pendidik ini adalah yang vaksinasi pertama dimulai dari pagi jam 09-02 siang berjalan dengan baik dan aman,” kata Kapus Langara, Yemi Yusuf. Jumat (21/5).

Untuk vaksinasi tahap II ini, Yemi Yusuf menyebutkan semula berjumlah 32 peserta yang akan divaksin. Namun setelah dilakukan tahapan screening terdapat 4 orang peserta batal divaksin karena memiliki riwayat penyakit. Sedangkan 28 orang peserta lainnya berhasil divaksin Covid-19.

“Sebelum divaksin kan dilakukan pemeriksaan oleh dokter, empat orang itu riwayatnya diabetes dan hipertensi. Sehingga total yang berhasil divaksin hanya 28 peserta,” kata dia lagi tanpa menyebutkan secara rinci jumlah lansia dan tenaga pendidik yang menjalani vaksinasi.

Berdasarkan surat edaran (SE) Kementerian Kesehatan telah memperpanjang interval waktu untuk penyuntikan vaksin ke dua, untuk usia 18-59 tahun termasuk lansia menjadi 28 hari setelah penyuntikan pertama.

“Sebelumnya kan interval waktunya untuk penyuntikan kedua 14 hari dari suntukan pertama. Sekarang tidak lagi. Untuk penyuntikan kedua nanti  tanggal 18 Juni mendatang, sesuai surat edaran Kemenkes bagi usia 18-59 tahun,” jelas mantan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Konkep itu.

Sebelumnya vaksinasi tahap I telah dilaksanakan pada 8 Februari 2021 yang diperuntukkan bagi pelayanan publik seperti ASN, petugas di pelabuhan dan pegawai PLN.

Penulis:Aan Ahmad/Nanang

Pos terkait