Konut Sebagai Kabupaten Pertama di Indonesia yang Miliki Randis Listrik

  • Whatsapp
Pihak Distributor mobil listrik merek Hyundai saat menyerahkan simbol kunci mobil ke Bupati Konut, Ir. H. Ruksamin. Foto: Ris For WN

WAWONIINEWS.COM : KONUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melakukan serah terima 1 unit mobil dan motor listrik merek Hyundai dan Gesits.

Serah terima randis listrik dilakukan langsung oleh pihak distributor kedua kendaraan itu kepada Bupati Konut, H. Ruksamin didampingi wakilnya, Abuhaera bersama sejumlah unsur pimpinan Forkopimda bertempat dikantor Bupati Konut pada Kamis, 3 Juni 2021.

Bupati H. Ruksamin mengatakan mobil listrik ini akan digunakan sebagai kendaraan operasional kedinasan bupati (dia sendiri) dan Wakil Bupati Konut, Abuhaera.

Pihak distributor mobil listrik merek Hyundai saat menyerahkan simbol kunci mobil ke Bupati Konut, Ir. H. Ruksamin

“Penyerahan mobil listrik dari distributor ke Pemda Konut.  Alhamdulillah Konut adalah Kabupaten pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik dan Ke dua di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat (Jabar), ” kata Bupati H. Ruksamin usai menyerahkan randis listrik. Kamis (3/6).

Bupati dua periode ini menjelaskan, kendaraan ramah lingkungan ini akan digunakan sebagai bahan sosialisai dan dukungan atas program Presiden terkait Go Green (Penghijauan Lingkungan). Hal itu sesuai Pereturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transfortasi jalan.

“Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga anti bising, dan hemat biaya,” ujarnya.

Dengan adanya serah terima ini, Konut menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan operasional kedinasan berupa mobil dan motor listrik.

Ia juga mengatakan, bahwa Konawe Utara adalah pemasok terbesar Nikel di Indonesia, karena Konawe Utara adalah masa depan Indonesia.

“Dengan menggunakan baterai Lithium yang berbahan dasar nikel, diharapkan Konawe Utara mampu menjadi pemasok nikel untuk kendaraan listrik ini, dan saya berharap pemerintah pusat agar cepat merealisasi kawasan Industri di Konawe Utara, ” pungkas H. Ruksamin.

Tim Redaksi

Pos terkait