Tahun Ini Kades Tondonggito Prioritaskan Pembangunan Sarpras Untuk Masyarakatnya

  • Whatsapp
Pembangunan Talut Penahan Ombak Desa Tondonggito Kec. Wawonii Tenggara Kab. Konkep (Foto: Aan/WN)

WAWONIINEWS.COM, LANGARA- Kepekaan terhadap prioritas pada masyakarat tentu diperlukan bagi seorang pemimpin, di desa Tondonggito Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) ditahun ini memprioritaskan pembangunan Sarana Prasarana (Sarpras) untuk masyarakatnya. Diantaranya penimbunan talut penahan ombak, dengan besaran anggaran sebesar ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Tondonggito Jahaluddin mengatakan, untuk besaran jumlah keseluruhan Dana Desanya ditahun 2021 ini sebesar satu miliar lebih. Pihaknya ditahun ini memprioritaskan pembangunan sarana masyarakat desa Tondonggito, Rabu (09/06/2021).

“DD Kami tahun ini capai Rp 1.107 Miliar untuk itu kami ditahun ini pengunaan Dana Desa kami lebih memprioritaskan Sarpras untuk masyarakat, diantaranya penimbunan talut penahan ombak,” kata dia.

Lebih rinci Jahaluddin, mengenai volume Talut yang telah diselesaikanya itu, dengan panjang 189 meter, dengan anggaran sebesar Rp 221.494.000.

“Kegiatan penimbunan ini selesai dalam waktu 8 hari,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ketua APDESI kecamatan Wawonii tenggara itu juga mengungkapkan adanya pembangunan drainase, yang menggunakan sisa lebih anggaran dari penimbunan talut penahan ombak.

“Mengenai drainase yang dikerja ini anggaranya sebesar Rp 48.230 juta,” katanya.

Ditambahkanya, mengenai pengunaan dana penanganan Covid-19 pihaknya mengaku telah melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang ada, seperti pembagian masker kepada masyarakat, cuci tangan pembangunan Posko Covid-19 dan lain sebagainya.

“Kalau untuk oenggunaan anggaran covid-19 alhamdulillah sudah selesai kita belanjakan sesuai petunjuk yang ada baik pengadaan hand sanitizer, masker dan lainya,” tandasnya.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait