Polda Sultra Tetapkan Satu Tersangka Kasus Fraud Dana Operasional Bank Sultra Capem Wawonii Rp 9,6 Miliar

  • Whatsapp
Kantor Pusat Bank Sultra. Foto: Int/WN

WAWONIINEWS.COM : KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menetapkan satu orang tersangka pada kasus raibnya dana kas operasional Bank Sultra Cabang Pembantu (Capem) Wawonii di Konawe Kepulauan (Konkep) sejak 2018-2020 yang angkanya sangat pantastis yakni senilai Rp9,6 miliar.

Penetapan tersangka pada kasus fraud dana kas operasional Bank Sultra Capem Wawonii adalah IJP (nama inisial) yang tidak lain merupakan Kepala Bank Sultra Capem Wawonii pada saat itu.

Berdasarkan hasil gelar perkara Subdit III Tipidkor Dit Reskrimsus Polda Sultra menetapkan Kepala Bank Sultra Capem Wawonii IJP sebagai tersangka. Kamis, 10 Juni 2021.

Kasubdit III Tipidkor Dit Reskrimsus Polda Sultra, AKBP Honesto R. Dasinglolo, S.Sos melalui Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan sesuai dari hasil gelar perkara tersebut, telah disetujui status IJP dinaikkan menjadi tersangka pada kasus fraud dana kas operasional Bank Sultra Capem Wawonii yang senilai Rp.9,6 miliar sejak 2018-2020 itu.

“Sudah disetujui dia (IJP, red) dinaikkan statusnya sebagai tersangka,” kata Kompol Dolfi Kumaseh kepada Wawoniinews.com. Kamis (10/6).

Dolfi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada tersangka IJP dalam waktu dekat ini.

“Senin pekan depan kita panggil. Kalau tidak diindahkan kita layangkan pemanggilan ke dua. Jika masih tidak diindahkan lagi, maka kita akan terbitkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap tersangka IJP,” jelas Kompol Dolfi Kumaseh.

Ditanya soal jumlah saksi yang sudah diperiksa pada kasus fraud ini, ia menyebutkan total sudah sekitar 25 orang saksi terperiksa.

“Jumlah saksi terperiksa itu sudah termasuk Wakil Bupati Konkep, Andi Muh Lutfi. Kemudian sembilan kepala OPD dan 6 Kepala Desa di Konkep,” paparnya.

Terkait adanya tambahan tersangka, Dolfi belum bisa memastikan. “Kita menunggu saja perkembangannya. Saya belum bisa jelaskan soal itu,” pungkasnya.

Terkuak Raibnya Dana Kas Operasional Bank Sultra Capem Wawonii Rp9,6 Miliar

Raibnya dana kas operasional milik Bank Sultra Capem Wawonii, Konkep ketika Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif melaporkan di Polda Sultra, terkait dugaan kasus fraud dana kas operasional Bank Sultra sejak 2018 hingga 2020 yang mencapai Rp 9,6 miliar beberapa waktu lalu.

terkuaknya duit miliaran yang raib itu setelah diendus oleh auditor internal Bank Sultra.

Penulis: Nanang Sofyan

Pos terkait