Hore! Puskesmas Waworope Difungsikan, Masyarakat Akan Dilayani Gratis

  • Whatsapp
Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT saat memotong pita sebagai simbol diresmikannya Puskesmas Waworope.

WAWONIINEWS.COM : KONKEP – Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada masyarakatnya di Pulau Wawonii untuk mendapat pelayanan kesehatan terus dioptimalkan.

Sebagai bukti keseriusan Bupati H. Amrullah dan wakilnya Andi Muh Lutfi untuk menyiapkan Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), telah nyata keberadaannya. Hal itu terlihat dengan berdirinya bangunan Puskesmas Waworope di Desa Labeau, Kecamatan Wawonii Utara, Konkep.

Bangunan Puskesmas Waworope ini menelan anggaran Rp.4,3 miliar menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020. Konstruksi bangunannya dua lantai, pun tuntas dikerjakan akhir 2020 lalu.

Kemudian, tepat pada Senin 7 Juni 2021, Bupati H. Amrullah meresmikan bangunan Puskesmas Waworope. “Silahkan masyarakat manfaatkan fasilitas kesehatan ini, saya sampaikan bahwa tidak ada pungutan biaya setiap pelayanan kesehatan karena kita sudah biayai melalui BPJS,” terang Bupati H. Amrullah usai peresmian beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Konkep, H. Sastro, S E

Terpisah dengan Kepala Dinas Kesehatan Konkep, H. Sastro menerangkan bahwa Puskesmas Waworope telah selesai diresmikan langsung oleh Bupati H. Amrullah. Dengan begitu, Puskesmas tersebut langsung buka pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Wilayah kerja Puskesmas Waworope menjangkau sepuluh desa, mulai dari
Desa Wawoea, Desa Mata Iwoi, Desa Waworope, Desa Dongkalaea, Desa Labeau, Desa Tongalere, Desa Sawa Indah, Desa Wawobeau, Desa Tapumbatu dan Desa Labibisa,” sebut Kadinkes H. Sastro, Rabu (9/6).

H. Sastro menambahkan sesuai hasil penunjukkan langsung Bupati H. Amrullah bahwa Muslimat, SKM sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puskesmas (Kapus) Waworope.
Sedangkan tenaga kesehatannya Pegawai Negeri Sipil (PNS) 9 orang yang terdiri dari Bidan, Perawat, Gizi dan Lainnya.

“Pertanggal 29 Maret lalu keluar penunjukkan Plt Kapus Waworope. Pegawai PNS sembilan orang dan PHL dua belas (12) orang termaksud dokter umumnya. Semuanya ada 21 petugas kesehatan untuk Puskesmas Waworope,” rinci H. Sastro.

Saat ini, Kecamatan Wawonii Utara miliki dua unit Puskesmas yakni Puskesmas Lansilowo, letaknya di Desa Tumburano dan terbaru adalah Puskesmas Waworope.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Konkep, Alno Berniat mengatakan dasar awal pengusulan pendirian Puskesmas Waworope karena Kecamatan Wawonii Utara miliki wilayah yang luas, juga jumlah penduduk yang cukup tinggi. Di Kecamatan Wawonii Utara ada 20 desa dan 1 kelurahan.

“Sangat luas jangkauan untuk satu Puskesmas. Puskesmas Waworope wilayah kerjanya sepuluh desa, sedangkan Puskesmas Lansilowo 10 desa plus satu Kelurahan Lansilowo,” tambah Alno Berniat, Kamis (10/6).

Alno bilang, meski pelayanan kesehatan masyarakat sudah dibuka dengan gratis. Tetapi Puskesmas Waworope masih belum melayani untuk pasien rawat inap.

Sebab fasilitasnya masih harus dilengkapi lagi. Namun pelayanan pemeriksaan kesehatan umum sudah dibuka. Selain itu, lanjut Alno, pihaknya masih harus mengurus izin operasionalnya, selanjutnya izin itu akan diantarkan ke Kemenkes untuk mendapat nomor registrasi puskesmas.

“Belum untuk layanan rawat inap. Tetapi kedepan kita akan berupaya untuk ditingkatkan sebagai puskesmas rawat inap,” pungkasnya.

Penulis: Aan Ahmad/Nanang Sofyan

Pos terkait