Sampah Menumpuk di Pasar Kabupaten, DLH Konkep Terkesan Abai

  • Whatsapp
Sampah di pasar kabupaten yang meluber. Foto: Awan/WN

WAWONIINEWS.COM, LANGARA- Bau tak sedap selalu menyengat di Pasar Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), hal itu karena adanya tumpukan sampah pada wilayah pasar tersebut, ini menjadi keluh baik pedagang maupun pengunjung. Namun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH-konkep) terkesan abai soal tumpukan sampah tersebut.

Pasalnya, Kepala Dinas Perindustrian Dagang dan Koperasi (Disperindagkop) Abd. Pattah telah menyampaikan kepada DLH Konkep soal sampah dipasar tersebut.

“Sebenarnya dalam hal sampah ini, Dinas Lingkungan Hidup yang menangani, tetapi kami Perindagkop tidak juga lepas tangan soal ini, kami tetap koordinasi ke DLH mengenai soal sampah yang kian menumpuk, saya sudah sampaikan secara lisan kepada Sekertaris DLH Konkep,”kata Abd. Pattah.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Musida mengakui sampah yang berada di Pasar Kabupaten adalah tanggung jawab DLH, akan tetapi saat ini Musida mengaku pihaknya masih fokus untuk pembersihan sampah yang berada di eks lapangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Minggu lalu saya sudah menggarahkan PHL bagian persampahan untuk mengecek sampah yang berada dilokasi pasar Kabupaten tapi mereka tidak ada laporan juga,” terangnya.

Lebih lanjut Musida, pihaknya menyiapkan dua titik penampungan sampah yaitu dilokasi TPI dan Pasar Kabupaten di Desa Mata Langara.

“Ada 2 titik penampungan sampah yang memiliki bak besar dan ada juga kami simpan titik satu di kelurahan tapi bak kecil, jadi dari situ kami ambil dan membuang dilokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS),” jelasnya.

Sementara itu, Qadri beserta pedagang lainya kepada Wawoniinews.com, keluhkan mengenai bau menyengat tersebut. Ia meminta kepada dinas yang menangani soal sampah di Konkep dapat lebih memperhatikan terutama pada wilayah pasar tersebut.

“Saya meminta kepada dinas terkait agar betul betul memperhatikan mengenai sampah pada wilayah pasar Kabupaten in,” tandasnya.

Penulis : Aan Ahmad

Pos terkait