Vaksinasi Massal Tahap II Konkep Disaksikan Presiden di Munas Kadin, Target 4.350 Orang

  • Whatsapp
Vaksinasi massal tahap II Konkep, Rabu (30/6/2021). (Foto: Aan Ahmad/ Wawoniinews.com)

WAWONIINEWS.COM: LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) menunjukkan keseriusan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konkep Pemda memberikan pelayanan vaksinasi gratis kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

Pelaksanaan vaksinasi tahap II, dilakukan di Kantor Bupati, Rabu (30 Juni 2021), disaksikan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara virtual, saat menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Kota Kendari.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi, menjelaskan, pemerintah pusat menargetkan 1 juta vaksinasi per hari mulai Juli 2021. Olehnya itu Pemda Konkep terus mendorong percepatan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini. Salah satu strateginya, melakukan koordinasi dengan para kepala desa (Kades) untuk memberikan edukasi ke warganya agar tidak takut divaksin.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan rapat koordinasi bersama seluruh kepala desa untuk diberikan edukasi dalam menyukseskan vaksinasi ini,” ujar Andi Lutfi usai mendengarkan pengarahan dari Presiden RI via zoom, Rabu (30/06/21).

Kepala Dinas Kesehatan, H. Sastro mengatakan, target vaksinasi untuk Konkep sebanyak 4.350 orang, yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni pegawai kesehatan sebanyak 303 orang, ASN 1.642 orang, serta lansia 2.405 orang.

“Yang sudah divaksin untuk di lokasi kantor bupati ada 79 orang, kami masih menunggu hasil vaksinasi per hari ini di 8 Puskesmas se-Konkep. Hingga saat ini per tanggal 30 Juni jumlah total yang divaksin sebanyak 1.965 dengan dosis pertama itu 45,17 persen. Sedangkan dosis kedua 16,52 persen dengan total 719,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Direktur RSUD Konkep dr. Rudi Utomo melalui Kepala Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Narto Asep Deni, S.Kep., M,Kes menjelaskan bahwa, diadakannya vaksinasi tahap II ini untuk mencegah terpapar atau mengalami gejala Covid-19 serta menghentikan penyebarannya.

“Untuk total vaksinasi hari ini sebanyak 85 orang, yang terregistrasi itu ada 90 orang. Akan tetapi, ada 5 orang tertunda karena tidak memenuhi di meja screening untuk melanjutkan vaksin,” terang Narto.

Sekretaris Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Konkep ini mengharapkan agar masyarakat Konkep berpartisipasi kegiatan vaksinasi massal.

“Sudah betul yang dikatakan Kadis Kesehatan. Akan tetapi, kami masih menunggu beberapa orang yang terlambat divaksin, sehingga tadi kita melanjutkan vaksin di RSUD. Jadi untuk masyarakat Konawe Kepulauan bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan vaksin untuk meningkatkan daya imun dalam menghadapi virus Covid-19,” harapnya.

Penulis: Aan Ahmad
Editor: Gugus Suryaman

Pos terkait