3.642 Penerima BST dan PKH di Konkep Dapat Bantuan Beras 10 Kg

  • Whatsapp
Kadis Sosial saat melepas mobil pengangkut beras bantuan. Foto: Yustrawan

WAWONIINEWS.COM, KONKEP – Penerima keluarga manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 3.642 KPM.

Dari jumlah itu, masing-masing kategori keluarga penerima manfaat (KPM) BST berjumlah 727 dan kategori PKH sebanyak 2.915 KPM akan menerima bantuan beras dari Perum Bulog Sultra.

Bacaan Lainnya

Bupati H. Amrullah yang diwakili Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Konkep, Muh. Rustam Arifin mengatakan pemerintah saat ini sedang sibuk menyalurkan bantuan berupa beras 10 kg kepada masing-masing penerima BST dan PKH. Termasuk Konkep bantuan berasnya mulai disalurkan hari ini, Kamis (29/07/2021).

“Hari ini mulai disalurkan bantuannya. Baru saja selesai kita launching dan pelepasan secara resmi. Satu mobil truck yang mengangkut beras bantuan untuk sasaran pertama 780 penerima bantuan sudah mengarah di Kecamatan Wawonii Timur, Kecamatan Wawonii Timur Laut dan Wawonii Utara .” jelas Muh. Rustam usai melepas bantuan beras secara resmi di Kompleks Perkantoran Bupati Konkep, Kamis (29/7).

Rustam menjelaskan, sisah dari jumlah yang sudah mulai disalurkan itu akan menyusul esok hari. Sebab beras bantuannya masih dalam perjalanan dari Kendari menuju Konkep.

“Sisahnya sore ini tiba. Kemungkinan Jumat besok baru lanjut penyalurannya untuk kecamatan lain yaitu Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Tengah, Selatan dan Wawonii Tenggara,” tambah Rustam.

Rustam berharap, penyaluran bantuan beras sesuai Instruksi Kemensos harus tepat sasaran. Khusus para pendamping keluarga penerima manfaat ini, baik penerima BST dan PKH agar mendapingi para penerima bantuan beras tersebut.

“Penyaluran harus sesuai dan tepat sasaran sesuai data yang dikeluarkan Kemensos. Kami Dinsos juga akan lakukan monev untuk memastikan penerima ini tepat sasaran,” ujar Rustam.

Dengan turunnya bantuan ini, selaku Pemkab Konkep yang diamahkan oleh Bupati H. Amrullah bisa meringankan sedikit beban masyarakat dalam suasana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

“Dengan bantuan pemerintah yang bekerja sama dengan Perum Bulog masing-masing daerah diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Ditambah perpanjangan PPKM masyarakat diimbau tidak beraktifitas diluar rumah tanpa Prokes yang ketat. Semoga bantuan ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tutup Rustam.

Penulis: Yustrawan

Editor: Nanang Sofyan

Pos terkait