Polisi Berhasil Ringkus Pembobol Toko Baju di Langara, Motifnya untuk Beli Paket Internet Demi Game Online

  • Whatsapp
Kanit Reskrim Polsek Wawonii, Bripka Amran (kaos hitam kiri) bersama tiga pelaku pencurian di toko baju di Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat, Konkep. Foto: Aan Ahmad

WAWONIINEWS.COM : KONKEP – Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Wawonii, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meringkus tiga pria pembobol toko baju di Kelurahan Langara Laut pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Ketiga pria tersebut masing-masing berinisial D, A dan B, ketiganya masih berusia 17 tahun. Namun pihak kepolisian tak membuka detail ketiga alamat pelaku yang masih berstatus pelajar itu. Tetapi dari ketiga pelaku, satu diantaranya berasal dari Desa Mata Langara Kecamatan Wawonii Barat dan dua lainnya dari Desa Dongkalaea Kecamatan Wawonii Utara, Konkep.

Bacaan Lainnya

Hal itu dibenarkan Kapolsek Wawonii, AKP Syamsir Nasir SH melalui Kanit Reskrim, Bripka Amran SH kepada media pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Saat diperiksa polisi, mereka ternyata sudah berkali-kali mencuri ditempat berbeda-beda. Motifnya adalah untuk membeli paket data internet agar bisa main game online.

“Iya benar tiga pria berstatus pelajar kami amankan pada hari Jumat (27 Agustus 2021) kemarin,” kata Bripka Amran, Sabtu (28/8).

“Para pelaku diamankan ditempat berbeda, satu orang ditangkap depan SMP 1 Langara dan dua orangnya di rumahnya masing masing di Desa Dongkalaea Kecamatan Wawonii Utara,” sambung Amran.

Bripka Amran menjelaskan, berdasarkan keterangan para pelaku D, A dan B membobol toko baju milik Hajidun dengan mengambil puluhan lembar baju, celana jaket, kaca mata, jam tangan dan sendal untuk kebutuhan mereka.

“Menurut pengakuan tersangka D, A dan B melakukan aksinya membobol toko penjual baju milik Hajidun pada hari Selasa tanggal 23 Februari sekitar jam 2 malam,” kata Amran menirukan pengakuan tersangka.

“Saat itu kondisinya mati lampu ditambah kondisinya hujan. Nah, disitulah mereka beraksi. Ketiga pelaku ini adalah remaja pecinta game online. Saat paket data habis segala cara mereka lakukan untuk beli paket data,” tambah Bripka Amran.

Lebih jauh Bripka Amran menjelaskan bahwa, menurut Hajidun pemilik toko baju yang dibobol D, A dan B bahwa produk jualannya nyaris tak tersisahkan digasak pelaku.

“Menurut keterangan korban barang dagangannya yang diambil yaitu baju kaos lengan pendek 25 lembar, lengan panjang sebanyak 31 lembar. Sedangkan celana panjang empat lusin, celana pendek tujuh lembar,” sebut Bripka Amran.

“Kemudian jaket 13 lembar, switer tujuh lembar, baju kemeja lengan panjang tiga lembar, kaca mata 15 buah, jam tangan enam buah dan sendal dua pasang. Kerugian korban sekitar Rp.16. 500.000,” jelasnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku diamankan di Polsek Wawonii untuk dilalukan pemeriksaan. Pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke-5 subsider 362.

“Pasal yang disangkakan adalah pasal 363 ayat 1 ke-5 Subsider 362 karena korban (Hajidun) tidak keberatan dengan catatan estimasi kerugiannya dikembalikan dan itu bisa kita bantu di versikan,” pungkas Bripka Amran.

Penulis : Aan Ahmad

Editor: Nanang

Pos terkait